Serba Serbi

Zina dan Riba

Sebenernya udah lama mau nulis persoalan begini disini. Tapi takut. Macem-macem yang ditakutkan. Takut dibuli, takut dibilang sok suci, takut dibilang radikal 😀 dll. Karna kemarin baru dengar kalimat seorang teman yang lumayan menohok terkait perbuatan zina yang berefek pada kesehatan orang tuanya dan saya ngga diberi kesempatan untuk bicara, makanya saya berusaha beranikan diri dalam berpendapat disini. Maklum, ini ranah yang sangat sensitif sekali. Jadi jika ada pihak yang ngga setuju, atau bahkan tersinggung, saya mohon maaf. Berkomentarlah dengan sopan atau DM pasti akan saya balas (tanggapin). Yang komentarnya ngga sopan langsung saya masukkan spam 🙂

Berhubung blog acak-acakan mohon maap kalo tulisannya juga campur aduk dan berantakan 🙂

**********

Sedikit banyak ini adalah pengalaman pribadi dan sebagian kecil juga terjadi pada orang-orang disekitar saya serta terjadi pada orang lain yang ngga saya kenal tapi kebetulan kisahnya menginspirasi.

Sadar ngga? Selama ini yang paling dicaci-maki, dihujat, dikucilkan, dipandang rendah adalah pezinah. Pezina masi diidentikkan dengan perempuan dan pelacur. Itu sebab gampang sekali memanggil pezinah dengan sebutan pelacur. Mirisnya mereka yang meludahi dan melabeli pelacur pada perempuan pezinah adalah kaum perempuan juga. Yang artinya perempuan menghina sesamanya. Padahal pasangan pezinah perempuan itu adalah laki-laki meskipun ada juga yang sejenis. Pemakai pelacur itu adalah laki-laki. Tapi kebanyakan dari kita (kita?), elu aja kali!! selaluuuu saja menyalahkan kaum perempuan. Harusnya perempuan mendukung perempuan lainnya setidaknya ingatkan dia dengan cara yang lembut dan sopan. Sama-sama perempuan dan sama-sama manusia kok.

Lanjutkan membaca “Zina dan Riba”

jalan dan wisata · Serba Serbi

One Day Touring Tanah Karo

Simpang Selayang tepatnya di swalayan bahagia, menjadi tempat titik kumpul kami pagi itu. Waktu Indonesia bagian kami memang ngga afdol rasanya kalo ngga molor. Janji berangkat jam 7 pagi pada kenyataannya baru jalan jam 8.30. Tapi ini perjalanan luar biasa karna tanpa rencana yang matang, tau-tau yang ikut rame juga. Padahal jam 7 waktu ditelpon masi ada yang tega bobok-bobok cantik. Sungguh terlalu!

Diawali dengan Bismillah dan cuaca cerah, secara beriringan sebanyak 9 motor kami bertolak menuju Berastagi. Sempat pesimis saat bertemu kemacetan pertama dearah Laucih sampe Pancur Batu. Dalam hati ya ampuuun libur kejepit sehari aja kok ya pada mau liburan juga. Tapi Alhamdulillah setelahnya lancar jaya. Eh ngga ding, ada kemacetan lainnya di beberapa titik. Penyebabnya karna ketidaksabaran beberapa pengendara yang nyerobot jalur ditambah jalan yang aduhaai bolong-bolongnya. Jadi jalannya juga musti selow sungguh selow tetap selow… santaiiii santaiiii jodoh tak kan kemana…

Lanjutkan membaca “One Day Touring Tanah Karo”

Serba Serbi · Tips

6 Tips Ampuh Menghilangkan Rasa Ngantuk di Kantor

Orang kantoran mana suaranya? Yang suka ngantuk angkat tangannya!!!

Ngga sih, saya ngga cari kawan. Cuma pingin berbagi ide-ide brilian aja supaya hari-harimu ngga suka ngantuk saat di kantor. Iya bener ini ide brilian. coba aja. Jam rawan ngantuk itu biasanya kan abis makan siang dan setelah solat juhur. Bener, ngga? Nih tipsnya, cekidot:

1. Mandi sebelum subuh. Saya inget pesen mamak, “jangan males mandi pagi-pagi sekali pake aer dingin, selain sehat bisa bikin awet muda”. Kebiasaan ini saya lakukan 11/2 tahun terakhir. (ya ampun pake setengah setengah segala) haha. Padahal pesan mamak ini udah dari jaman sekolah esde. Awalnya karna kantor itu jauh dari rumah dan harus berangkat setidaknya jam 6 pagi. Keadaan ini memaksa saya harus mandi sebelum subuh. Ngga sempet rebus air juga buat mandi, lah bangun jam setengah 5 keluar dari selimut aja udah paten kali. Jadi bener-bener mandi sebelum subuh pake air dingin. Emang harus pake air hangat, gitu? Ya, karna rumah saya di daerah pegunungan beriklim sejuk. Tapi auto pilot aja sih begitu melek mata, bangun langsung mandi. Lama-lama jadi terbiasa sampe sekarang. Padahal sekarang kantor sama rumah udah ngga jauh lagi. Libur juga begitu. Efeknya memang berasa betul. Sampe kantor disambung ambil air wudhu buat solat duha. Sampe sore Insyaallah ngecass… Setidaknya lebih segar dan bikin ngga males beraktifitas.

Tapi terkadang ada masa-masa dimana mata sepeeet ngga bisa diajak kompromi. Kalo udah  begitu biasanya:

Lanjutkan membaca “6 Tips Ampuh Menghilangkan Rasa Ngantuk di Kantor”

jalan dan wisata · Serba Serbi

Partner Jalan

Soal jalan-jalan saya  bukan tipe yang penakut. Takut kalo cuma kehabisan uang aja. Pokoknya asal ada uang aja saya berani jalan kemanapun sendirian. Nah, masalahnya karna ngga ada uang jadi ngga jalan kemana-mana, haha. kesian…

Ada orang yang punya uang tapi ngga kemana-mana. Macem-macem alasan, sih. Ada yang karna ngga hobi jalan, atau karna ngga tau mau kemana dan mugkina juga ngga ada yang bisa diajak jalan dan baginya ngga nyaman jalan sendirian atau takut. Ada juga yang sukanya jalan itu sendirian (solo travelling) karna malah rame-rame bikin ribet dan ujung-ujungnya pulang malah berantem karna banyak selisih pendapat.

Saya banyak dengar soal partner jalan yang ngga seru. Ntah kitanya yang ngga seru ntah temen jalannya. Atau keduanya ngga seru karna ngga punya kemistri. Ujung-ujungnya pada saat jalan bukannya bahagia malah bete.

Kalau ada pilihan antara jalan rame-rame atau jalan sendiri, saya lebih milih jalan sendiri 🙂

Lanjutkan membaca “Partner Jalan”

Serba Serbi

4 Manfaat Memakai Masker

Sejak sakit TB Paru lalu, saya jadi esktra ketat jaga kesehatan. Setidaknya meminimalisir kemungkinan kambuh lagi. Selain pola hidup dan pola makan yang masih berantakan, wkwkwk cara lain yang paling gampang dan murah adalah pake masker. Bukan masker untuk perawatan wajah yaa… Melainkan masket penutup hidung dan mulut.

Tapi waktu sakit, saya memang malah jarang pake masker padahal sangat dianjurkan dokter. Karna saat itu nafas saya bisa dibilang pendek dan sering ngos-ngosan. Jadi kalo pake masker yang ada saya makin sesak nafas.

Lanjutkan membaca “4 Manfaat Memakai Masker”

Challenge · Serba Serbi

Target blogging 2019

Saya punya mimpi. Mimpi saya itu tinggi-tinggi. Tapi saya ngga punya keberanian untuk bilang ke orang-orang. Jadi memang banyak mimpi cuma saya yang tau. Hehe

Satu-persatu mulai dari yang paling sederhana dikabulkan Allaah, bukan ngga mungkin mimpi yang tinggi juga begitu. Kuncinya hanya sabar dan ikhitar. Tak lupa berdoa supaya ngga jadi manusia yang sombong. *lagakmamahdedeh

Lanjutkan membaca “Target blogging 2019”

Challenge · Serba Serbi

Situs Belanja Untuk Dikunjungi

Apa ya??

Saya termasuk jarang belanja online.

Tapi kalo untuk liat-liat doang ya seringlah. Karna dengan melihat aja bikin saya seneng 😬

Ada situs belanjan yang bikin puas ada juga yang mengecewakan. Keduanya udah saya alamin.

Catatannya selama saya jualan belum pernah ada yang komplen sama dagangan saya. Ini sungguh penting! 😌

Lanjutkan membaca “Situs Belanja Untuk Dikunjungi”

Challenge · Serba Serbi

Kebahagiaan Sederhana

Semua pasti setuju kalo kita ikut bahagia apalagi udah berhasil membuat orang lain bahagia.

“Happiness is real when shared” begitu kata film “Into The Wild”.

Betul sekali…

Ada yang senang melihat orang susah, ada yang susah melihat orang senang. Sama aja sih tapi orang begitu beneran ada.

Lanjutkan membaca “Kebahagiaan Sederhana”