jalan dan wisata · lovely kids...and famz

Main Sore-sore di Taman Hewan Mini USU

Ya, Universitas Sumatera Utara punya taman hewan mini dengan dominasi hewan rusa di dalamnya. Klo di Bogor ada Istana Bogor tempatnya. Kalo di Medan, ya di USU. Ntah sejak kapan saya ngga main ke kampus ini. Terakhir tahun kapan ya, lebaran haji 4 atau 5 tahun lalu kayanya, dimana semua mesjid kota Medan penuh dengan hewan qurban jadinya kami melipir ke USU cuma mau numpang solat Ashar. Ya, itung-itung nostalgia, saya ajak temen ke musolah almamater saya di Fakultas Seni Budaya yang jaman saya namanya Fakultas Sastra. Yang pasti banyak sekali perubahan. Gedung maupun lingkungannya semakin rapih dan cantik. Kampus USU ini letaknya di Jl. Dr. Mansyur, Medan.

Baca juga: Rindu Bogor

Akhir Desember 2019 giliran anak-anak yang saya ajakin jalan-jalan sore ke USU.

“Mau liat kampus mama, ga?”

Ngga ada yang jawab..

“Mau jajan bakso bakar sambil ngasi makan rusa, ga?”

Baru pada jawab… “Mauuuuu!”

Yang kayak di Bogor ya, ma? Nanti ketemu Oma ngga, ma? tanya Cahyo.

Udahlaah ikut aja…

Baca juga: Bogor

Penangkaran Rusa

Taman hewan ini posisinya berada tepat di tengah antara pintu masuk 2 dan 3 USU. Tepat di depan Gedung Rektorat (Gedung Pusat Administrasi). Begitu nyampe parkiran, beberapa anak kecil langsung menghampiri sembari menawarkan bungkusan kresek berisi potongan wortel dan ikatan kangkung. Padahal lagi ngga di pajak (baca: pasar), loh. Bundlingan wortel dan kangkung itu dihargai 5ribu rupiah. Saya ambil 3 bundling untuk masing-masing anak.

“Mama, hebat ya dia masih kecil udah pinter jualan”. Kata Caca

Bagus, masih di pintu masuk udah dapet satu pelajaran berharga.

Memasuki lokasi, disambut kandang rusa di sisi kiri dan taman yang rindang di sisi kanan. Meskipun ngga terlalu luas, tapi taman ini terbilang sangat nyaman untuk bersantai. Terlebih untuk tempat bermain anak-anak. Mereka langsung menuju kandang untuk memberikan makan rusa-rusa yang sangat bersahabat. Bosan memberi makan rusa, mereka menuju taman rindang untuk sekedar berlari dan kejar-kejaran. Kemudian pindah lagi ke bundaran air mancur untuk main bola-bola air sabun yang terbang. Beruntung memang sore itu cuaca bersahabat. Angin berhembus sangat sejuk setelah seharian disuguhkan cuaca panas.

Sore hari terlebih akhir pekan, memang banyak sekali warga yang berkunjung ke Taman Hewan ini. Tempat ini menjadi alternatif tempat wisata murah dan ramah untuk kantong juga ramah untuk anak-anak. Mereka bebas bermain, berlari atau bersepeda tanpa takut lalu lalang kendaraan sekaligus banyak belajar tentang hewan dan alamnya. Tidak diberlakukan HTM (Harga Tiket Masuk) ke sini. Cukup membeli wortel atau sekedar jajanan sore sebagai cemilan ringan. Sangat cocok untuk mewakili keluarga, teman bahkan pasangan untuk sekedar duduk santai, bercanda sambil menikmati udara segar sore hari. Terlihat juga beberapa orang berlari sore di Jogging Track dan komunitas berkumpul di bawah pepohonan. Sangat rekomendasi untuk rekreasi akhir pekan tanpa ribet.

Mungkin kalau ditambah dengan fasilitas bermain anak seperti layaknya sekolah TK kayak ayunan, jungkat jungkit dll akan lebih seru lagi. Tapi mungkin perlu lahan khusus atau malah dihawatirkan berubah fungsi kali yaa jadi sekolah taman kanak-kanak. Haha. Ya kayagini, nih, udah dikasi hati masih kurang minta tambahan jatung :D.

Baca Juga: Taman Bermain Anak

Selain tempat bersantai, penangkaran rusa ini juga dimanfaatkan oleh mahasiswa kedokteran hewan sebagai sarana penelitian. Terdapat beberapa jenis rusa seperti Rusa Totol Bintik, Rusa Timur dan Kijang Mas. Selain Rusa, juga ada berbagai jenis unggas mendiami taman hewan mini ini. Apabila ingin solat, semua fakultas menyediakan musolah untuk beribadah. Letaknya juga saling berdekatan.

Berkah bagi pengunjung, berkah juga bagi pedagang sayur wortel dan jajanan. Yang penting jaga ketertiban dan kebersihan. Buang sampah pada tempatnya dan jangan merusak fasilitas umum. Begitu pesan saya pada anak-anak.

Baca juga: Mesjid cantik

Puas bermain, saya ajak anak-anak keliling USU melewati beberapa fakultas. Fakultas Teknik, MIPA, FISIP, Hukum, Kedokteran, Seni Budaya, dll. Sambil jalan sedikit saya jelaskan sekilas tentang apa yang dipelajari dimasing-masing jurusan. Mereka takjub melihat perpustakaan megah juga beberapa adik-adik mahasiswa yang melakukan berbagai kegiatan seperti memanah, belajar dan kegiatan lainnya. Secara tidak langsung anak-anak mengerti bedanya siswa dengan mahasiswa.

Mau ngga nanti kuliah disini?

Mau…. jawab mereka serentak.

Mau di USU atau Luar Negeri?

USU dan Luar Negeri!!

Good!!!

Smoga Allah mengabulkan dan Alam Semesta Mendukung ya, nak. Aamiin.

Baca juga : Dear Kids

3 tanggapan untuk “Main Sore-sore di Taman Hewan Mini USU

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.