jalan dan wisata

8 Tempat Wisata Hits di Pamah Simelir, Langkat

8 Tempat Wisata di Pamah Simelir – Pamah Simelir merupakan sebuah nama dusun yang ada di Kecamatan Sei Bingei, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Selain mempunyai banyak destinasi wisata, wilayah ini juga sebagai alternatif yang bisa dilalui menuju Kabupaten Tanah Karo.

Bukit adalah view utama di sini. Selain itu, udara yang sejuk dan suasana yang alami menambah poin bagi siapa saja yang rindu dengan ketenangan.

Dari kota Medan, jaraknya sekitar 45KM, dengan waktu tempuh sekitar 1,5-2 jam perjalanan. Dengan jarak yang tidak begitu jauh, orang Medan lah yang banyak berdatangan kesini. Bisa ditempuh dalam sehari, tapi tak sedikit pula yang memilih untuk menginap.

Sekitar 10KM menuju Pamah Simelir, kita melewati sebuah desa bernama Telagah yang punya atraksi wisata alam menantang. Wisata ini patut dicoba bagi penyuka tantangan. Sebuah sungai yang biasa disebut Kolam Abadi Teroh-teroh atau sering juga disebut Pelaruga menawarkan paket wisata hiking dan susur sungai. Air sungainya jernih dan mempunyai arus yang deras.

Kalau punya banyak waktu, boleh singgah kesini untuk merasakan sensasi susur sungai dengan metode body rafting. Untuk biaya dan info lengkapnya bisa dibaca postingan di bawah, ya :).

Related Post: Uji Adrenalin Menyusuri Kolam Abadi Menuju Air Terjun Teroh-teroh

Memang, ke Pamah Simelir itu idealnya menginap. Jadi, ketika sudah lelah main air di sungai, bisa langsung lanjut ke Pamah Simelir dan istirahat disana.

Jangan khawatir, di Pamah Simelir banyak sekali tempat menginap yang bisa dipilih. Ada cottage, ada villa, ada kamar penginapan dan camping ground. Seru, ya…

Apa bedanya pamah view dengan pamah simelir?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Pamah Simelir itu adalah nama desanya. Nah, pengelola tempat wisata di sini kebanyakan membuat nama destinasi itu dengan mencantumkan nama desa. Baik itu Pamahnya atau Simelirnya.

Ngga sedikit yang kemudian nyasar, mau ke rumah ladang eh yang disamperin pamah view. Atau mau ke Cottage tapi singgahnya ke Heaeven 9. Kekgitu-gitu lah.

Saya juga awalnya begitu, sih. Lihat postingan di medsos kemudian tambah bingung pamah simelir yang mana, pamah view yang mana sampe akhirnya datang langsung dan bertanya pada pengelola tempat wisata.

Mari kita cari tau apa saja destinasi yang sedang hits yang bisa dikunjungi di Pamah Simelir.

8 Destinasi Wisata di Pamah Simelir

Taman Wisata Syariah

Letaknya tepat di pinggir jalan lintas jadi sangat gampang terlihat. Ciri khasnya berupa mesjid berbentuk kabah berwarna hitam yang menjadikannya paling mencolok dibanding destinasi lainnya. Selain tempat wisata, pengunjung banyak singgah kesini untuk beribadah sekaligus istirahat di mesjid.

HTM sebesar 20ribu / orang dengan fasilitas berupa kolam renang, pondokan, taman, penginapan dan glamping.

Pamah View

Letaknya sebelahan dengan Taman Wisata Syariah. Pamah View ini konsep awalnya lebih banyak menawarkan kegiatan camping di camping ground. Sekarang sudah menyediakan penginapan, villa dan rooftop dengan view perbukitan yang menawan hanya dengan HTM 20ribu/orang.

Dua destinasi inilah yang menyebabkan jalanan di sekitarnya macet kalau sudah akhir pekan.

Svarga Simelir

Kalau kedua destinasi di atas berada tepat di pinggir jalan. Kali ini letaknya masuk ke dalam pemukiman. Belokannya kira-kira 500 Meter sebelum Pamah View.

Jarak dari simpang ke lokasi hanya sekitar 100 meter saja. Svarga menawarkan konsep menyatu dengan alam dengan aktivitas sebagaian besar adalah berkemah. Disini terdapat sungai kecil yang mengalir diantara lokasi tenda-tenda berdiri. Kebayang ya, bangun pagi selain view bukit, eh ada sungai di depan mata.

Rumah Ladang Pamah Simelir

Masih di lokasi yang sama hanya berjarak 1 km lebih jauh ke dalam, sebuah camping ground berkonsep back to nature. Sesuai namanya, area ini dibuat sengaja menjauh dari pemukiman, letaknya persis di sebelah perbukitan, dengan kata lain tempat ini dikelilingi bukit.

Selain camping ground, Rumah Ladang menyediakan satu unit private Villa yang bole jadi referensi untuk liburan keluarga besar.

HTM sebesar 15ribu yang nantinya tiket bisa ditukarkan sebotol air mineral. Kalau tamu menginap, bebas biaya masuk. Tarif sewa tenda mulai dari 150 ribu dan Villa mulai dari 1 juta. Oiya, masakan ibu kantin enak-enak , loh…

Related Post: Rumah Ladang Simelir, Ambience yang Tenang

Heaven 9

Letaknya dekat dengan Rumah Ladang. Destinasi ini terbilang masih baru. Terakhir saya kunjungi bahkan banyak yang masih tahap pembangunan. Saat itu belum ada HTM.

Selain tenda untuk berkemah, mereka juga menawarkan beberapa unit cottage cantik yang letaknya di atas bukit. Tentu saja viewnya bukan kaleng-kaleng. Oiya di belakangnya nantinya akan ada miniatur kapal yang saat itu masih tahap penyelesaian, serta hutan bambu yang diperbolehkan masuk dengan membayar 10ribu/orang

Simelir Cottage

Sekitar 2KM melewati heaven 9, terdapat sebuah destinasi tak kalah hits lainnya. Simelir Cottage bukan hanya menawarkan penginapan berupa tenda, tapi juga ada banyak pilihan lain seperi kamar, villa dan cottage.

Sepertinya disini paling lengkap fasilitasnya. Selain penginapan yang jumlahnya banyak, ada juga kolam renang, aula pertemuan, pondokan, kantin dan taman yang luas dengan view perbukitan disekelilingnya.

Tidak ada HTM. Hanya saja kita sepertinya butuh menyewa pondokan untuk sekedar duduk beristirahat dari perjalanan panjang.

Danau Karona Sakti

Sebuah kolam buatan yang letaknya tidak jauh dari Rumah Ladang, hanya sekitar 1KM saja. Danau ini hanya menyediakan camping ground. Meski ada air, tapi tidak untuk direnangi. Selain pemandangan dan taman, atraksi lain yang ditawarkan adalah naik perahu bebek.

Penatapan Pamah Simelir

Berisi sekumpulan kafe-kafe estetik. Namanya juga penatapan, sudah pasti dibangun di atas supaya bisa menatap sekeliling dengan leluasa. Dari sini, kita bisa bebas melihat suasana di Taman Wisata Syariah dan Pamah View karena letaknya tepat di atas dua destinasi ini.

Penatapan selalu ramai dikunjungi baik yang sengaja kesini ataupun yang kebetulan sedang lewat. Memang hanya sekedar duduk makan mie, jagung bakar atau ngeteh dan ngopi with the view aja udah menyenangkan.

Kesimpulan

Kaya makalah ya, pake kesimpulan, haha.

Jadi nanti kalau sudah sampe di Pamah Simelir kemudian bingung dan bertanya, kalian jangan cuma nanya “pamah simelir dimana?” Nanti yang ditanya ikut bingung, hehe

Tapi coba lebih spesifik. Sebutkan nama tempatnya. Makanya sebelum berangkat ada baiknya cari tau dulu maunya kemana dan tujuannya ngapain.

Kalau bawa bocil, ya lebih baik yang banyak atraksi dan ramah anak. Misal ada kolam renang, sungai dan tempat bermain seperti Taman Wisata Syariah, Pamah View, Svarga atau Simelir Cottage

Kalau sekedar ingin tenang dan santai coba ke Rumah Ladang atau Heaven 9.

Oiya perjalanan ke Heaven 9 dan Simelir Cottage, kita bakalan ngelewatin persawahan dengan view perbukitan. Duuh, pagi-pagi singgah disini itu seru sekali. Kita malah diperbolehkan berjalan menyusuri pematang sawah. Asal jangan merusak, yaa…

25 tanggapan untuk “8 Tempat Wisata Hits di Pamah Simelir, Langkat

  1. Horas Suci, apa kabar dek. Seru banget ini cerita tempat wisata Pamah Simelir Langkat ini bah. Apalagi Rumah Ladang Pamah Simelir bisa camping. Asik banget. Kapan ya aku bisa kesana, lama kalipun kakak gak pulkam

  2. Heaven 9 bikin syahdu vibesnya hihi…
    Di bandung banyak nih spot gini yang punya view adem bikin tenang healing.. tetep aja pengen tau suasana yg lain padahal mungkin mirip-mirip hahaha

  3. menyenangkan ya, pamah semilir. Dengan tiket masuk segitu dan bisa menikmati pemandangan indah, bisa mendapatkan pengalaman camping juga. Untuk refresh otak cocok. Bisa merasakan udara yang sejuk di Heaven 9

  4. Wow, kaya beneran di film-film Barat. Pemandangannya itu loh, kueren banget Mbak. Semoga diberi kesempatan bisa main ke sana.

  5. kalo di Bandung mungkin Lembang ya? Tempat wisata yang banyak dikunjungi orang
    Kalo gak salah Medan ini termasuk 5 kota besar di Indonesia
    Gak heran penduduknya butuh tempat refreshing
    dan tempat wisata jadi banyak diburu

  6. asik nih spot wisatanya, kayanya juga udaranya sejuk ya kak disitu, tar kalo ke langkat aku mau cobain ak rekomendasimu nih ke salah satu spot wisatanya ini

  7. Tertarik banget sama Simelir Cottagenya. Di kelilingi hutan dengan embun yang menempel, sepertinya enak banget ya diselimuti oleh dinginnya udara. Bisa makan sup hangat-hangat, berbagai macam gorengan, menikmati kopi, terus ngobrol berjam-jam sama orang-orang terdekat. Duuhh waktu rasanya berharga banget ya Ci.

    Saya tuh pengen banget duduk-duduk di teras rumah kayu seperti cottage tersebut. Terkadang doing nothing dan menikmati indahnya keheningan aja rasanya sudah cukup untuk healing dan meng-adem-kan jiwa.

  8. tempat menyenangkan buat relaksasi diri di sana ya kak.
    sejuk banget, apalagi pas ada bagian foto yang menunjukkan sedang berkabut.
    kalau seharian berkunjung ke Pamah Simelir kayaknya kurang puas ya kak. semingguan nih bisa nih ke 8 tempatnya

  9. Nah, dapet bucket list jalan-jalan seru di Pamah Simelir nih..
    Meski tempatnya luasss. harus spesifik kalau ingin mengunjungi salah satunya ya..
    Aku kayanya dari mulai yang cupu dulu kali yaa.. makan di cafe Penatapan Pamah Simelir. Soalnya belum pernah kemah di the real nature ginii… Adem sepanjang mata memandang liat ijo ijooo.. mashaAllaa~

  10. Pemandangannya adem banget ya kak berasa banget udara sejuknya walau liat dari foto aja. Pengen banget Travelling ke sini klo ada kesempatan

  11. Asyik banget berkunjung ke Pamah Simelir ini ya, menurut saya emang baiknya menginap sih, biar puas juga mengunjungi ke 8 tempat wisatanya. Apalagi sudah banyak juga fasilitas penginapannya. Kalau saya ke sana, pasti deh pengennya nginap di dalam tenda saja.

Tinggalkan Balasan