jalan dan wisata

ATV Tahura Berastagi, Seru-seruan di Tengah Hutan

ATV Tahura berastagi, Seru-seruan di Tengah Hutan

ATV Tahura Berastagi, Seru-seruan di Tengah Hutan – Bolak balik ke Berastagi, bolak balik ngelewatin Tahura (Taman Hutan Raya), tapi baru kali ini bener-bener terniat menjadikannya tujuan utama. Pernah sih beberapa tahun lalu, abis dari mengunjungi rumah bolon sama keluarga, pulangnya singgah ke sini untuk  numpang makan siang di area parkirannya. Kebetulan waktu itu ada kompetisi burung bercuit (kalo ngga salah)

Related Post: Rumah bolon

Nah kali ini tujuan saya bukan mau hiking / trekking apalagi numpang makan siang lagi.  Berbeda dengan Taman Wisata Alam Sibolangit yang kami bela-belain berangkat subuh demi bisa trekking pagi. Tahura ini entah kenapa belum pernah masuk dalam rencana kami menjadi lokasi trekking. Ngga tau deh, kaya memang kurang menarik aja gitu (for us).

Related post: TWA Sibolangit

Untung ada atraksi naik ATV (All Terrain Vehicle) bikin Tahura mendadak diserbu pengunjung (termasuk saya). Yaelaaa kenapa ngga dari dulu, yaa? Hehe

Naik ATV ini emang udah lama jadi keinginan saya. Sayangnya memang belum ada kesempatan dan kenyataannya  kegiatan ATV baru setahun belakangan boomingnya di destinasi terdekat kota Medan.

ATV Tahura Berastagi

Sesuai namanya All Terrain Vehicle, kendaraan yang penggunaanya mirip motor ini memang bisa dibawa pada semua jenis medan.

Jungle Zone, EO yang mengelola ATV di Tahura ini menyediakan beberapa unit. Kalau hari libur, siap-siap antrian bakal panjang. Karena nunggu antrian ini jugalah akhirnya saya trekking tipis-tipis ke dalam hutan dan voilaaaa, senengnya ketemu banyak pohon raspberri beserta buahnya yang merah-merah. Daper satu botol air mineral. Begitu excitednya ketemu buah ini, sebab terakhir ngeramban itu pas SD (so so many years ago), haha.

Maklum, sekolah saya dulu di kampung itu dekat sama sungai. Di tepian jurangnya itu banyak banget buah-buahan liar yang bisa dimakan. Rasperbi ini salah satunya.

Di lndonesia, buah yang termasuk berry family ini jadi tanaman liar dan sedikit peminatnya. Beda dengan stroberi yang sengaja ditanam dan dijual mahal. Ngga tau kenapa, padahal sama-sama enak rasanya. Salah satunya mungkin karena pohonnya berduri.

Di luar negeri, raspeberri ini sama pavoritnya dengan stroberri. Tau darimana? Dari youtube orang Indonesia yang menikah sama bule-bule itu 😛

Oke lanjutt…

Tahura ini hutannya ngga selebat di TWA Sibolangit. Pohonnya lebih jarang (meski sama-sama tinggi)dan walking tracknya juga tergolong lebih lebar.

Tapi udaranya seger sekali. Ciri khas udara di dataran tinggi. Nyampe juga saya jalan mugkin hampir 3KM kelilih Tahura, ketemu gerbang di bagian belakang eh ternyata tembusnya ke Desa Deleng Pitu. Jalan pintas menuju Gunung Sibayak atau tepatnya jalan menuju objek wisata susu sapi asli.

Aaah, ternyata muter-muter disitu. Sayang gerbangnya terkunci. Kalau tadi bisa dibuka bisa deh bablas ke kebun stroberi, metik lagi. Udah dapet raspberry dapet stroberi lagi, haha

Tapi itu ngga dilakukan, karena tiba-tiba saya inget antrian. Sampe di loket, antrian udah kembali mengular.  Untung abangnya bersedia nyisipin 🙂

Jungle Zone Berastagi

Sebagai EO, Jungle Zone yang awalnya cuma menyediakan jungle track, kini sudah meningkat ke medan yang lebih menantang.

Ada empat tipe medan

  1. Jungle track
  2. Extreme track
  3. Danger Track
  4. Combo (Jungle + extreme)

Sebagai pemula yang sadar diri karena belum punya pengalaman, saya pilih jungle track yang merupakan medan yang paling mudah.

Putaran pertama saya tandem, duduk di boncengan. Meski hampir sama kaya bawa motor, tapi tetep saja namanya pengalaman pertama tentu semua butuh belajar dan adaptasi dulu.

Putaran kedua mulai bawa sendiri. Secara teori sih gampang ya, tapi pas bawa ternyata gasnya berat banget.  Apalagi pas ketemu jalan berbatu, nanjak atau belokan tajam yang sempit, wah itu pergelangan tangan bakalan kerja keras.

Tapi setelahnya Alhamdulillah, lancar. Malah nagih. Keliling hutan dua kali putaran sebenernya kurang puas, tapi karena antrian panjang kudu gantian.

Meski begitu, ditawarin track ekstrim saya masih belum nyali, hehe.

Pinginnya sih, sambil naik ATV sambil ngeramban raspberry. Kalau ngga inget banyak yang antri aja udah ngeles nih keluar dari rombongan dan bebas metik rasberri, hahaa. Sayangnya ada pemandu, sih 🙂

Sepanjang perjalanan adaaa aja deh kelakuan pengunjung. Yang unitnya bolak balik mati lah, yang suara teriakannya paling kenceng, yang manufer, yang balap dsb.

Karena unitnya terbatas, jadi sekali jalan ya langsung habis. Paling sekitar 10an ATV gitu deh.  Jadi kalau kita Cuma sendiri atau berdua ya nanti gabung sama pengunjung lain. Di perjalanan, yang tadinya ngga saling kenal jadinya kompak ketawa bareng saat ada kejadian-kejadian lucu.

So far seru lah ternyata naik ATV ini. Pingin juga ngerasain jalur yang ada air-airnya misal nyeberang sungai gitu, tapi saya dibonceng, hahaa.  Kalau di Tahura, jalur yang bisa tandem Cuma jungle track. Selain itu harus bawa sendiri.

Lah gimana ya, harus cari nyali dulu. Tapi kayanya berani, sih. Next nyobain medan extreme. Semoga ada sponsor 😀

Selama unitnya sehat, kayanya berani sih. Yang diparnoin orang penakut macam saya ini hanyalah ditinggal sendirian kalau-kalau unitnya mati. Pengalaman sih kemaren unitnya banyak yang ngadat. Entah karena bawanya ngga bener atau karena emang unitnya kurang servis.

Ya pokoknya gitulaah. Pemandu kan di depan tuh bawa jalan. Kalau posisi kita di tengah sih enak kalau mogok masih ada yang di belakang nungguin atau sukur-sukur mau bantuin. Meski rada ngga enak hati karena kita yang laen jadi berhenti. Nah kalo posisi di belakang, biasanya ketinggalan, udah rada jauh baru deh pemandunya balik lagi buat ngecek.

Ngga kebayang aku tuuh ketinggalan di hutan sendirian(meskipun banyak raspberry)…

Atraksi Lain di Tahura

Selain ATV, atraksi lain yang ada di Tahura adalah permainan panah, trail, mobil remote dan gokart. Meski dengan fasilitas seadanya, tapi rame juga kok yang  main.

Oiya, kalau weekend, ATV ini tersedia sampe malem, loh. Huuuu sensasi naik ATV di tengah hutan malem-malem itu emang menantang. Apalagi kalau hujan, hmmm.

Kata abangnya, pokoknya kalau masih main ATV setelah magrib selaluuu aja ada kejadian di hutan. Ya mogoklah, ya sakit lah dll. Engga dulu deh, hahaha

Biaya naik ATV

Berikut list harga yang berlaku hingga tulisan ini terbit:

Satu tiket bisa ditukarkan dengan satu botol air mineral.

Sssst, bocorannya, kalau datang weekday dan lagi sepi kita bisa dikasi bonus satu putaran. Jadi salah satu tips kalau mau puas naik ATV di Tahura, datangnya di hari kerja :). Tips lain, sedia baju ganti aja, karena treknya ada yang berlumpur juga.

Fasilitas penting juga cukup lengkap seperti toilet dan musolah. Kondisinya dibilang jorok ya ngga juga, dibilang bersih juga ngga. Oiya disini itu banyak monyet. Jadi hati-hati kalau bawa makanan atau barang yang bisa mengundang perhatian mereka. Bahkan ketika lagi solat pun, monyet-monyet itu mau nangkring di dinding musolah yang setengah terbuka itu.  

Mau login barangkali, hehe

Galeri Foto

Tinggalkan Balasan