jalan dan wisata

Melihat Rumah Bolon, Istana Kerajaan Purba

Senang rasanya saat mengetahui bahwa piknik kali ini kami akan pergi ke kawasan dimana terdapat satu rumah peninggalan kerajaan Purba. 

Saya memang suka sekali wisata sejarah. Mengetahui kisah dan riwayat serta perjalanan dari sebuah peninggalan membuat saya semakin haus akan ilmu dan informasi. 

Seperti halnya minggu lalu. Ketika berkunjung ke Rumah Bolon, saya masih mampu menceritakan dan menjelaskan setiap pertanyaan yang muncul dari anak anak. Setidaknya 80% dari apa yang saya dengar bertahun lalu masi segar dalam ingatan. Malu rasanya bila tak mampu menjawab pertanyaan anak anak yang kritis ktritis itu. Terutama Caca. Cahyo apalagi, ngga berhenti bertanya kalo dirasa jawaban mamanya ngga nyambung dan ngga memuaskan hatinya. Lagipula ilmu Guiding masi sedikit nempel jadi bisalah menjelaskan tanpa menimbulkan pertanyaan baru. Hihi… 
Lanjutkan membaca “Melihat Rumah Bolon, Istana Kerajaan Purba”

jalan dan wisata

Setengah Hatiku Kutitipkan di Bogor 

Selain Jakarta, Bogor adalah kota kedua yang menyimpan banyak cerita.

Pertama kali ke Bogor itu tahun 2014. Malem malem jam 9 hanya untuk singgah sebelum ke Puncak. Ke Puncak malem malem sebenernya atas desakan saya juga karna udah jubeg 4 hari di Jakarta ngga kemana-mana.

Pas mampir ke Bogor singgah di Taman Topi karna ada urusan sampe slesai jam 10an. Kami kelaperan trus makan mi ayam di depan stasiun dan akhirnya gerbang taman ditutup dan kami ngga bisa masuk sementara mobil masih didalam taman.

Yudah singkat cerita pokoknya harus ke puncak. Titik!
Lanjutkan membaca “Setengah Hatiku Kutitipkan di Bogor “

jalan dan wisata · lovely kids...and famz

Piknik Keluarga di Pantai Raya Tigaras

Danau Toba lagi..Danau Toba Lagi…Tigaras lagi Tigaras lagi…haha 

Ya memang Danau Toba ini ngga ada habisnya, kok. Ibaratnya nih, hari ini ke pantai A, besok udah ada pantai baru namanya B. Hari ini ke bukit C besok ada lagi bukit baru namanya D, Hari ini sungai E besok ada sungai baru lagi. Begitu seterusnya.

Kabupaten Simalungun punya banyak wisata alam. Mau danau, mau sungai, mau bukit, mau kebun, mau gunung semua ada. Jadi klo bosen ke sungai ya tinggal ganti tujuan main ke bukit. Apalagi si Danau Toba dengan wilayah sekitarnya yang sebegitu luasnya bakalan ngga habis habis mau dikunjungin. Ngga percaya? Coba aja sendiri…
Lanjutkan membaca “Piknik Keluarga di Pantai Raya Tigaras”

jalan dan wisata · lovely kids...and famz

Digendong Kingkong di PIS Sampai Kunjungan ke Pelabuhan Tigaras Pasca Musibah KM Sinarbangun. 

Judulnya panjang amat yak… Haha

Ada BIS (Bukit Indah Simarjarunjung) ada juga PIS (Panorama Indah Sipintuangin). Keduanya sama sama destinasi wisata kekinian yang ada di Kabupaten Simalungun. Kok kekinian? Ya kan sekarang lagi hits itu tuh rumah rumah pohon, ayunan diketinggian dll.  Keduanya sama sama punya beberapa wahana dari yang aman sampe yang ektrim. Yang aman ya sekedar foto di sangkar burung dan yang ektrim seperti ayunan diangkasa, sepeda diketinggian, flying fox serta rumah di puncak pohon tinggi. Gitu gitu lah. 
Lanjutkan membaca “Digendong Kingkong di PIS Sampai Kunjungan ke Pelabuhan Tigaras Pasca Musibah KM Sinarbangun. “

jalan dan wisata · Review

BSA (Birmingham Small Arm) Ada di Siantar

Becak merupakan sebuah alat transportasi yang biasanya ciri cirinya adalah ber-roda tiga. Setiap kota pasti punya alat transportasi ini dan dengan keunikannya masing masing. Ada yang pakai sepeda dan ada yang pakai motor. Ada yang sepeda atau motornya di belakang becak, di depan atau disamping. Salah satu becak yang paling unik dan “mewah” adalah becak Siantar. Kenapa mewah? Motornya BSA, cuy! 😀

Dulu waktu masi usia 5 tahunan, orang tua selalu bawa kami ke Siantar untuk sekedar main ke taman bunga  (lapangan merdeka). Kenapa ada sebutan taman bungan dan lapangan merdeka ternyata ada kisahnya masing-masing. Tapi orang Siantar udah terlanjur familiar dengan sebutan Taman Bunga. Ah, apalah arti sebuah nama….
Lanjutkan membaca “BSA (Birmingham Small Arm) Ada di Siantar”

jalan dan wisata · lovely kids...and famz

Kolam Renang Pondok Cabe yang Murah Meriah

Payah bilanglah anak anak kalo katanya mau main air. Mau di danau, pantai, sungai atau kolam pokoknya main air hatiku senang. Pantang dijanjiin pasti bakalan dipepet terooosss mamaknya.

Lebaran kemaren ya disamping waktunya mepet si mamak keburu besoknya masuk kerja jadi cuma punya waktu sehari lagi dan harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Tadinya mau main dihari sabtu tapi berhubung Sabtu itu Medan dilanda hujan hampir 24jam penuh alhasil ngga kemana mana. Bahkan mau main di teras rumah aja males karna dingin dan becek. Untungnya bu Fitri dateng sekeluarga jadi agak ramean di rumah dan bagi bagi TeHaEr… Yeeey makasi bu Fitri. Semoga murah rejeki dan segera merid. #eeh
Lanjutkan membaca “Kolam Renang Pondok Cabe yang Murah Meriah”

jalan dan wisata · Masjid Cantik

Megahnya Masjid Istiqlal Jakarta

Masih cerita tahun lalu. Ntah kenapa kok keinget inget dan ngga bisa nahan pingin ditulis.

Jadi lebaran tahun lalu di Jakarta kami mengunjungi beberapa tempat seperti Monas, Kota Tua, Situ Lembang dan ngemol sambil nonton juga. Kemudian supaya agenda semakin lengkap, seperti biasa tak lupa untuk menyempatkan singgah ke salah satu masjid. Di Jakarta mana lagi kalo bukan Istiqlal.

Selepas mengunjungi Situ Lembang, karna kebetulan jaraknya ngga begitu jauh saya ngeGrab menuju masjid Istiqlal. Sudah diniatkan dari awal sebisa mungkin harus disempetin kesana sekalian shalat zuhur.
Lanjutkan membaca “Megahnya Masjid Istiqlal Jakarta”

about us · jalan dan wisata · Review

3 Alasan Harus Menginap di Toba Village Inn Tuk Tuk

Siapa yang tak kenal Danau Toba. Kaldera terbesar se asia ini menawarkan banyak sekali keindahan alam yang bisa dinikmati baik yang sudah terekspos maupun yang masih tersembunyi.

Saking banyaknya destinasi yang bisa dikunjungi, tak cukup rasanya bila harus dijelajahi dalam sehari. Seiring sejalan menjamur juga penginapan. Dari mulai kelas melati sampai bintang 5. 
Lanjutkan membaca “3 Alasan Harus Menginap di Toba Village Inn Tuk Tuk”

jalan dan wisata · Review

Cerita Staycation di Thong’s Inn: Mengisi Liburan Sekolah

Thong’s Inn memang tepat skali untuk tempat santai, berleha-leha dan yang paling bener ada playground, patung-patung Budha juga patung berbagai binatang, miniatur bangunan khas tionghoa di perbukitan yang dibikin mirip sekali dengan aslinya, ayunan di setiap sisi kamar cottage, dan kolam renang yang belum jadi. Semua ini saya pilih karna pertimbangan anak-anak. Kan ceritanya selain memang ada misinya di lain hal sekalian bawa anak-anak ngabisin masa liburan sekolah dan mumpung belum puasa juga.

Jadilah kita bertiga ber staycation ria disini.
Lanjutkan membaca “Cerita Staycation di Thong’s Inn: Mengisi Liburan Sekolah”

jalan dan wisata · lovely kids...and famz

Taman Hewan Pematang Siantar: Wisata Belajar dan Bermain Anak

Dulu jaman saya taman kanak-kanak belum ada yang namanya outbound, pentas seni dan kegiatan anak jaman naw. Paling ada main ayunan, perosotan atau seni membentuk kertas (sekarang lebih populer dengan istilah origami), dulu taunya namanya cuma membentuk kertas. Kasihan sekali yaa hihii… 

Eh tapi ngga juga ding, sesuai dengan perkembangan jaman lah ya. Jaman dulu mainan begitu udah bikin gembira ria di sekolah. 

Sekarang giliran anak saya yang TK. Kegiatannya udah macem-macem. Manasik haji, outbound, pentas seni, berkunjung ke museum, perpustakaan, taman bunga bahkan pabrik roti dll. 
Lanjutkan membaca “Taman Hewan Pematang Siantar: Wisata Belajar dan Bermain Anak”

jalan dan wisata · Kuliner · Serba Serbi

3 Oleh-Oleh Khas Kota Siantar 

Meskipun ngga diminta, kadang kita selepas berpergian ke luar daerah ingin rasanya membagi pengalaman dengan orang-orang tersayang yang kita tinggalkan. Pengalaman itu bentuknya macem macem. Bisa berupa cerita, foto, cendramata maupun makanan. 

Tapi sekarang ini sepertinya udah tabu ya kalo kita minta oleh-oleh dari orang yang akan berpergian, apalagi khusus untuk jalan-jalan. Terkecuali mereka itu sendiri yang berinisiatif untuk membawanya tanpa diminta. Saya juga begitu. Paling sebel kalo belum apa-apa udah ditodong oleh-oleh. Alih-alih mendoakan selamat diperjalanan 😊
Lanjutkan membaca “3 Oleh-Oleh Khas Kota Siantar “

jalan dan wisata · lovely kids...and famz

Ketika Bingung Bawa Anak Main, Ke Binjai Aja! 

Bingung bawa anak-anak main disekitaran Medan? Selain itu-itu aja plus mahal ya, kan. Saya rekomendasiin agak melipir aja ke Binjai, deh. Ngga usah mikir jauhnya Medan ke Binjai. Macetnya dan segala kebosanan menuju kesana. Kan ada kereta api, yang jadwalnya ada hampir setiap jam. 30 menit nyampe kok. Don wori lah ya. Kami juga kemarin naik kereta yang jam 15.30. Sampe Binjai jam 16.02 

Baca: Kereta Api
Lanjutkan membaca “Ketika Bingung Bawa Anak Main, Ke Binjai Aja! “

jalan dan wisata · lovely kids...and famz

Naik Kereta Api Medan ke Binjai, Perjalanan Jadi Singkat dan Santai. 

Kapan ya saya pertama kali naik kereta api. Sepertinya sekitar empat tahun lalu pas mau ke Bandara naik railink. Kemudian sampe Jakarta, bolak balik naik komuter line ke Bogor. Naik komuter i i lumayan sering karna memang di Jakarta transportasi ini sangat familiar. Kalo kereta api penumpang jarak jauh sepertinya waktu perjalanan ke Jogja tahun lalu. Baru sekali itu juga, smoga bisa terulang lagi…
Baca: Jogja

Bahkan naik kereta ke kampung sendiri aja baru dua kali dan itu setahun lalu. Maklum, saya bus lover haha. Selain jadwalnya sehari cuma sekali jadi ngga fleskibel.
Lanjutkan membaca “Naik Kereta Api Medan ke Binjai, Perjalanan Jadi Singkat dan Santai. “

jalan dan wisata · Serba Serbi

Indahnya Tol Medan-Tebing Tinggi (Ribuan Kilometer Berawal dari Satu Kilometer) 

Dulu itu ya, kalo mau pulang kampung suka males-malesan. Lebih banyak males habisin waktu dijalan. Maunya dalam sekedip mata, criiiiiinggg!! Tau-tau udah nyampe rumah orang tua aja. Maunya gitu, haha. 

Medan jaman now dimana-mana udah macet parah. Ngga di gang-gang apalagi jalan besar. Belum lagi jadi kota metropolitan udah begini ya. Kemacetan yang disebabkan banyak proyek pengerjaan. Ya proyek anderpass, parit, saluran air belum lagi pedagang yang “nyuri” lapak di trotoar atau nyerobot jalan umum sampe hampir setengah badan jalan, pengendara yang pada ngga mau ngalah biasanya dipertigaan atau belokan. Ditambah kondisi jalan yang aduhaaaaiii kalo dilewatin bikin ibu hamil kontraksi. Lobang tersebar secara merata bak cacar air 😄

Pak Jokowi…. Ntar ngunduh mantu sempetin blusukan lagi ya, pak. Agak-agak disentil lagi itu Pemko Medan biar gercep gitu macam Bapak. Kalo kondisi jalanan mulus Bapak makin bahagia deh dapat mantu orang Medan. Jangan kapok main ke Medan ya, pak. Horas!! Ahoiiii!!! 😉
Lanjutkan membaca “Indahnya Tol Medan-Tebing Tinggi (Ribuan Kilometer Berawal dari Satu Kilometer) “

jalan dan wisata · Serba Serbi

Birdwatching, Aktifitas Menyenangkan Mengenal Jenis Burung

Dulu, ada sebuah mata kuliah yang sangat saya sukai. Alasannya cuma satu, karna banyak berkegiatan di luar ruangan 😄. Ekowisata namanya. Melalui mata kuliah ini saya jadi pernah arung jeram untuk pertama kalinya. Waktu itu di sungai Wampu, Kabupaten Langkat. Pernah treking dan nge-game di hutan kawasan konservasi Sibolangit untuk pertama kalinya, melihat bunga bangkai dan mencapai titik rest area paling puncak dan memandang luasnya hutan dari ketinggian. Kemudian jadi pernah ngebolang ke Sibolga dan kegiatan outdoor lainnya termasuk birdwatching. Pokoknya saya jadi lasak setelah diajarin ber-ekowosata 😂

Jelaslah, namanya aja udah eko+wisata (googling sendiri ya), hihi
Lanjutkan membaca “Birdwatching, Aktifitas Menyenangkan Mengenal Jenis Burung”

jalan dan wisata · Serba Serbi

Menjelajah Hutan Alam Dengan Kegiatan Hash

Masih asing dengan istilah Hash? 

Sama! Hehe

Tapi itu dulu sekitar 8 tahun lalu. Waktu atasan di kantor mengeluarkan nota dinas untuk semua karyawan ikutan Hash. Olahraga pavorit beliau. Waktu itu masih jadi karyawan baru dan itu pertama kali ikut serta. Saya yang memang hobi blusukan dan suka dengan yang alam-alam ya semangat aja diajak beginian. Ngga semua suka kegiatan alam seperti ini. Tapi kalo udah nota dinas, ya apa boleh buat, ya? Emang mau kena SP? Hehe 
Lanjutkan membaca “Menjelajah Hutan Alam Dengan Kegiatan Hash”

Friends · jalan dan wisata

Ngebolang Sibolga Part 1. Menyebrangi Lautan Cuma Pakai Sampan? Siapa Takut! 

Kali pertama saya mengunjungi kota Sibolga sekitar tahun 2004. Berlima sama temen se-geng, haha. 

Jadi ini cerita pengalaman teramat jadul sebenernya 😅

Perjalanan dari Medan jam 8 malam menggunakan bus Bintang Utara (loketnya di Amplas). Memakan waktu sekitar 9 jam. Jadi tiba di Sibolga sekitar jam 5 atau jam 6 pagi gitulah. Waktu itu ongkosnya masi 45rebu. 

Momen yang paling saya sukai sepanjang perjalanan adalah ketika memasuki kota Tarutung. Sepertiga malam saat melewati persawahan yang belum ditanami padi namun sudah diarin. Jadi, antara gelap malam, sinar fajar sudah mulai muncul dari selah pepohonan kelapa dengan warna khas jingga keemasan (persis senja) dan cahayanya memantul ke air membentuk bayangan yang sama. Saya bahkan tak mampu mengungkapkan keindahannya, namun masih sangat jelas terekam dalam ingatan seperti apa lukisan pagi itu. Mungkin saja saat itu saya sengaja dibangunkan Allah untuk menyaksikan keindahan fajar dan benar saja saya terpaku kagum dari balik jendela bus, subhanallaah…
Lanjutkan membaca “Ngebolang Sibolga Part 1. Menyebrangi Lautan Cuma Pakai Sampan? Siapa Takut! “

jalan dan wisata · Masjid Cantik

Wisata Reliji di Masjid Az-Zikra Sentul

Beruntung disetiap kunjungan ke luar kota, selalu bisa menyempatkan diri menjejakkan kaki di masjid masjid indah kebanggaan. Salah satunya Masjid Az-Zikra yang berkawasan di sentul, Bogor, Jabar. Masjid yang mempunyai yayasan bernama Yayasan Qaddafy Islamic Center ini, dipimpin langsung oleh Ustad ternama Indonesia M. Arifin Ilham. Luar biasa indahnya (bagi saya)




Niat awalnya ibu, tadinya mau hadir di zikir akbar yang slalu diadakan di masjid tersebut tiap bulannya dan dibawakan langsung oleh sang Ustad Arifin. Tapi, ternyata salah jadwal. Kabarnya memang ganti jadwal. Padahal sempet khawatir bakalan masih dibolehin masuk atau ngga, karna berangkatnya udah kesiangan. Konon katanya tiap acara zikir, jamaahnya dari sluruh Indonesia bahkan luar negeri. Kebayang, dong. Mesjid yang hanya seluas 12.600 Ha harus dijejalin ribuan jamaah dr sluruh negri. Makanya kalo mau dapet tempat yang diinginkan ya harus pagi hari udah di tempat padahal mulainya 11.30. Saking niatnya sampe ada penginapan segala, loh. Semacam pondok pondok cantik yang letaknya persis di samping kiri memanjang sampai halaman belakang kediaman Ust. M. Arifin Ilham.

Lanjutkan membaca “Wisata Reliji di Masjid Az-Zikra Sentul”

jalan dan wisata

Ini Bukan Kalibiru…

Udah ngga asing lah ya dengan nama Kalibiru. Iya, kawasan yang terkenal dengan gardu pandang berupa rumah -rumah pohon yang diberi papan penjajak dan bisa dinaiki menggunakan tangga. Hasilnya, selain bisa berfoto dengan view Waduk Sermo, kita bisa menikmati pemandangan alam hutan menoreh yang mengelilingi waduk tersebut dengan bebas dari ketinggian.

Untuk bisa merasakan itu semua, kita ya kudu ke Jojga dulu, kemudian berkendara sekitar 2 jam menuju Kalibiru. Hmm, jauh ya…
Lanjutkan membaca “Ini Bukan Kalibiru…”

jalan dan wisata · lovely kids...and famz

We Have A Very Simple Way To Be Happy (part 3) 

“Pulang ya Ci, minggu nanti anak-anak mau berenang lagi ke Tigaras, Oiya belikan kue tart karna sekalian ulang tahun Sofi. Ga usah yang cantik-cantik, yang penting kebagian semua!” 

“Oke, mak!” 

Ceritanya, memenuhi janji mamak ke anak muridnya mengaji. 

“Kalo dapat juara, nenek bawa jalan-jalan ke Tigaras!” 

Jadilah pada rajin latihan. Yang ayat pendek, Azan, Marhaban dan Nasyid. Alhamdulillah Azan dapat juara 2 dan nasyid dapat juara 3. Artinya janji nenek guru harus ditepati. 

Semangatnya yang mau berenang. Berangkat jam 10 tapi jam 9 udah pada dateng. Nenek guru masi masak bekal dan cucu-cucunya pada riweh masing-masing. Mandi? Ya ngga, lah. Kan mandinya disana. Lumayan, hemat air 😀 



PANTAI JESIKA, TIGARAS
Danau sih sebenernya, tapi mungkin kebiasaan masyarakat, pokoknya kalau ada airnya dan mirip sama laut, ya sebut pantai sajalah ya, hehe. 

Disepanjang pinggiran Danau Toba, banyak terdapat tempat yang disebut pantai yang dikelola dengan baik oleh masyarakat setempat ataupun pengusaha. Seperti Pantai Paris, Pantai Garoga, Pantai Jesika dan masih banyak pantai lainnya. Bahkan sudah ada penginapan saking ramenya pengunjung dari luar daerah. Bukan semacamhotel mewah atau cottage. Cuma kamar sepetak. Kadang disewa pengunjung cuma untuk tiduran para balita, atau ibu menyusui, solat, atau sekedar merebahkan badan dikasur. Karna letaknya memang tepat di depan garis pantai. Ya, Danau Toba yang luas itu, memang bisa dinikmati dari segala arah. 


Kami pilih pantai langganan. Pantai Jesika namanya. Pantai baru yang letaknya tepat di sisi kanan pelabuhan. Alasannya karna sepi. Maklum bawa gerombolan anak muridnya nan lasak dan aktif, mamak harus ekstra waspada ngawasin satu persatu. Orang tuanya kan ngga pada ikut, sudah pasti jadi tanggung jawab guru dong kalau ada apa-apa sama anak murid. Lagian karena letaknya persis sebelah pelabuhan, anak-anak pada antusias kalau liat kapal lalu lalang, apalagi kapal yang gede buat angkut kendaraan roda 4. 


Pas banget mamak dapat lapak yang strategis. Di bawah pohon ceri yang tumbuh rendah tapi rindangnya bukan main. Adem jadinya. Gelar tikar yang disewa dari pengelola, mamak jadi leluasa ngawasin anak-anak. 

Berenang di danau sebenernya ngga lebih enak dari pantai. Selain kedalaman air yang ga bisa ditebak, banyak batu, licin, airnya juga amis. Ya liat dong sebelahnya ada apa? Ada keramba ikan! Haha. Tapi, bukan melulu soal berenang yang dicari anak-anak. Melainkan keseruan mereka bermain. Main bola yang sengaja di bawa dari rumah, menyusun batu-batu, pasir, rumput laut, lomba melempar batu yang paling jauh dan menangkap ikan-ikan kecil. Permainan kampung lah.


Capek, dingin dan lapar? Istirahat sebentar, berjemur sambil makan atau ngemil jajanan atau popmi sambil menggigil kedinginan. Lalu, lanjut lagi berenang-renang. Ya, begitu sih keseruan ala-ala kampung. Kalau udah ketemu alam, gedget mah lupa! Paling perlu untuk fotoan doang :D. Selebihnya game-game yang dari playstore? Sejenis apa, tuh? :p


Berhubung ini pantai baru, belum terkenal da fasilitas hiburan atau bermain juga masih minim. Belum ada penyewaan Banana Boat, Perahu bebek, Trus yang terbang-terbang itu apa sih namanya? Haha. Tapi kalau mau ya bisa juga kok, disewa dari pantai tetangga sebelah. Banana boat 350 ribu (kemaren sempet cek harga) 😀 


Itu sebab, saya sukanya ajak anak-anak main di alam. Mereka ngga jadi egois, ngga mikirin diri sendiri, lebih bersosialisasi, lebih terbuka pikiran, lebih kreatif, badan ngga manja dan  yang pasti lebih sehat. Memang sih, kulit jadi dekil, hitam, gosong dan penuh luka. Ngga usah jauh-jauhlah. Saya sendiri dulu juga begitu. Tapi, saya jadi punya banyak kisah yang bisa diceritakan pada kawan dan anak-anak kelak bagaimana serunya bermain di alam. Betapa bangganya tinggal di desa. Bermain di air, ladang, sawah, bukit dan hutan.



Acara Potong Kue
Seminggu sebelumnya, Sofi, salah satu ponakan saya berulang tahun. Itu sebab, saya bawain kue tart untuk dibagi-bagi ke temen-temennya. Ya itu-itu juga anak murid mengaji mamak. Maklum, anak murid mengaji mamak sih, kebanyakan ya cucu-cucunya juga. Hahaa… 

Setelah puas main air, dan sebelum pulang diadakan lah acara potong kue da tiup lilin serta pembagian sedikit jajan-jajanan murah meriah.
Selamat ulang tahun Sofi. Diiringi doa dan harapan semoga rezeki anak solehah semakin luas, pintar, cerdas dan sukses. Aamiin…

Udah, gitu aja anak-anak udah seneng kok. Ga perlu mahal dan jauh-jauh kalau mau piknik juga. Kebersamaan yang bikin kita bahagia. Yes? 

Halo kawan… dari kami anak kampung. We have a very simple way to be happy 🙂