Kuliner · Tips

Corona dan Mpon-Mpon

Rempah Herbal Penangkal Virus Corona

Selain menjaga kebersihan untuk pencegahan dari serangan Covid, berbagai usaha lain pun dilakukan sebagai upaya alternatifnya. Diantaranya mengkonsumsi ramuan herbal. Di Indonesia, ada berbagai rempah yang bisa dijadikan obat-obatan herbal. Seperti Jahe. Jahe sendiri ada berbagai macam tapi yang diyakini bagus adalah jahe merah. Selain jahe ada juga kunyit, temulawak, cengkeh, kayu manis, sereh, kencur bahkan bawangpun tiba-tiba jadi naik daun. Baik bawang merah, bawang putih lebih-lebih bawang bombai.

Yuk kita ulas satu-persatu khasiat dari rempah tersebut:

  • Jahe salah satu rempah yang punya zat antibiotik alami. Jahe mampu menjaga daya tahan tubuh karna jahe mengandung Vit C dan magnesium yang berfungsi memperkuat imun. Mengkonsumsi jahe dapat menghangatkan tubuh. Makanya ada istilah wedang jahe yang sering dicari kalo lagi musim hujan atau cuaca lagi dingin. Banyak minuman yang berbahan utama jahe. Sebut saja bandrek
  • kunyit berkhasiat untuk mengobati kanker karna kandungan curcumin di dalamnya. Selain itu, kunyit juga diyakini mampu mengobati diabetes dan penyakit akibat peradangan.
  • Temulawak memiliki nama latin Curcuma xanthorrhiza (Javanese Turmeric) dikenal sebagai rempah yang mempu menambah nafsu makan. Tapi selain itu kandungan curcumin pada temulawak juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan pembentukan imun.
  • Cengkeh meskipun bentuknya teramat sangat kecil justru punya khasiat yang besar. Dengan aroma yang khas dan rasanya yang manis sering sekali digunakan untuk campuran makanan bahkan kue. Mengandung mangan, vit K, Vit C, Vit E kalsium dan magnesium mempu menjaga sistem pencernaan, menguatkan tulang, hati dan menjaga kekebalan tubuh.
  • Kayu Manis merupakan lapisan kulit yang dihasilkan dari pohon Cinnamomum. Kayu manis punya sifat antioksidan, anti inflamasi yang mampu mengurangi resiko penyakit kardiovaskular. Selain menjaga kesehatan saraf dan otak, juga bisa mengurangi nyeri saaat mensturasi.
  • Sereh mengandung Vit A, Vit B, Magnesium, Fosfor dan zat besi yang dapat menjaga sistem kekebalan tubuh. Sereh juga bisa membantu menyembuhkan penyakit flu, gula darah dan melancarkan pencernaan. Karna punya aroma yang khas, sereh sering digunakan sebagai bahan aromaterapi untuk membangkitkan suasana hati dan penghilang stres.
  • Kencur punya beberapa kandungan senyawa kimia seperti pati, mineral, minyak atsiri, asam metil kanil, asam cinnamic, dan ethyl aster, paraeumarin, asam anisic, alkaloid, dan gom yang dapat membantu penyembuhan penyakit diantaranya flu, nyeri menstruasi, lambung, batuk dan diare.

Rempah – rempah tersebut punya kandungan zat komplit yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan imun yang kuat Insyaallah dapat menangkal segala virus-virus yang ingin mendekat.

Mpon – Mpon

Kalo orang Jawa Medan, istilah Mpon-mpon biasanya ditujukan untuk ramuan yang sering digunakan oleh perempuan yang baru lahiran beserta bayinya. Namun semenjak bumi Indonesia diinvansi sama Corona, istilah Mpon-Mpon pun ikut tenar. Kok bisa ya?

Ternyata rempah-rempah di atas kalau udah dicampur, diramu dijadikan minuman atau jamu, maka istilahnya berubah jadi Mpon-mpon. Karna kandungan yang lengkap sebagai penangkal radikal bebas, membentuk imun tubuh dan meningkatkan daya tahan tubuh, maka rempah-rempah tersebut diklaim mampu menangkal virus Corona. Hal ini telah disampaikan oleh seorang Dosen dari Universitas Airlangga (Unair) di Surabaya, Prof Dr. drh. Chairul Anwar Nidom. Ia menyatakan bahwa Mpon-mpon mengandung curcumin yang bermanfaat untuk mencegah terjadinya badai sitokin dalam paru-paru yang diakibatkan oleh virus corona. Selain itu, minuman ini pun bisa meningkatkan sistem imun tubuh agar tidak terserang virus. Beliau membuat formulasi mpon-mpon dari rempah-rempah khas Indonesia tersebut.

Makanya seiring masuknya Corona, sejalan juga dengan kenaikan harga rempah-rempah itu. Khasiat Mpon-mpon inipun semakin dibuktikan dengan pernyataan mereka yang telah dinyatakan sembuh setelah rutin mengkonsumsi Mpon-mpon kiriman dari Pak Jokowi.

Membuat mpon-mpon juga ternyata ngga sulit. Rempah-rempah tersebut cukup direbus kemudian ditambah gula merah supaya rasanya lebih enak. Minuman ini kan herbal dan bebas dari bahan-bahan kimia jadi siapa aja bisa mengkonsumsinya baik yang sehat maupun yang sedang sakit. Selain direbus, milenial juga sering memanfaatkan rempah-rempah itu untuk dijadikan infus water. Cukup diseduh dalam botol dan siap dibawa kemanapun.

Ayo… kita tetaplah menjaga kesehatan. Pemerintah pasti sudah berupaya kuat untuk mengatasi ini semua. Tugas kita hanya patuh pada aturan. Pliiiss, disuruh kerja dari rumah, belajar dari rumah ya tetaplah di rumah. Beruntung kita yang masih diberikan kesempatan untuk mengisolasikan diri. Doa untuk mereka pahlawan keluarga yang terpaksa mengabaikan anjuran kerja dari rumah karna harus menggantungkan nasib pada penghasilan harian di lapangan, juga para tim medis agar selalu kuat dan sehat.

Semoga kita mampu mengambil hidayah dari ujian ini agar lebih rajin beribadah, berempati dan toleransi. Berdoa semoga badai ini segera berlalu, keadaan kembali normal dan kita dapat leluasa beraktifitas. Umat muslim tetap bersemangat menyambut bulan ramadhan yang kian dekat dengan ibadah yang khusyuk dan penuh khidmat. Aamiin…

5 tanggapan untuk “Corona dan Mpon-Mpon

  1. teh boleh minta kontaknya ? sy wulan 24 tahun sy mau tnya2 tntg pengalaman teteh wktu ngejalanin terapi TB

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.