Serba Serbi · Tips

Perpanjangan SIM Dengan Syarat dan Prosedur yang Mudah

Setelah semua SIM dikumpulin, barulah kita dipersilahkan masuk. Sukur-sukur kebagian tempat duduk. Kalo ngga ya berdirilah dengan suka cita sampe selesai prosesnya. Nama kita akan dipanggil sesuai urutan SIM paling bawah, makanya usahain nyodorin SIM secepatnya. Oiya cara seperti ini hanya sesuai pengalaman saya ya, ngga tau gimana samsat corner yang lain.

Lanjut…

Setelah dipanggil, kita menuju bagian penyedia SKBS. SKBS ini boleh diurus sendiri dengan catatan harus dikeluarkan oleh puskesmas setempat. Kalo udah ada ya serahin, kalo belum ada mereka nyediain, kok. Bayar sebesar 30ribu.

Setelah itu tunggu lagi panggilan kedua yang bakalan dikasi form untuk kita isi. Abis itu tunggu lagi panggilan berikutnya. Oiya, jangan menyodorkan diri sebelum namamu dipanggil ya. Pokoknya kita menghadap setelah dengar nama kita dipanggil. Panggilan terakhir adalah sesi foto-foto sekaligus pembayaran sebesar 110 ribu dan penyerahan SIM yang baru.

Selesai!!

Tips Perpanjangan SIM

  • Datang Lebih awal dan berdiri atau duduk dekat pintu masuk. Ngga melulu berhasil, tapi kemungkinan besar SIM akan masuk kuota.
  • Pastikan datang maksimal 14 hari sebelum masa berlaku SIM habis, sebelum itu akan ditolak
  • Perpanjangan SIM di samsat corner hanya untuk SIM yang alamat KTP dan SIM nya sama-sama di Kota Medan. Kalo beda misal alamat KTP di Medan tapi SIM di Deli Serdang, atau sebaliknya maka perpanjangan SIM harus dilakukan di Polda
  • Bawa langsung fotokopi KTP supaya hemat waktu
  • Berpakaian yang bagus dan rapi. Ini bukan saran dari kepolisian, sih. Cuma, kita kan mau foto yang nampang di SIM itu ketika pake baju dan make up yang cukup. Untuk 5 tahun looooo. Saya kemaren ga kepikiran kesini. Ga touch up dulu sehingga hasil foto sungguh kucel, pucet dan memprihatinkan, haha. Udah gitu pak polisi ngga mau ngarahin gaya, sih šŸ˜€
  • Bawa pulpen sendiri karna disana ga disediain pulpen.
  • Bawa air minum

Jadi gitu syarat dan prosesnya. Ngga ribet, kok. Andai aja ngga ada antrian, proses perpanjangan SIM palingan hanya sekitar 15 menit. Ini berlaku untuk semua jenis SIM, ya.

Taat berkendara, dan lengkapi surat-suratnya, ya guys… Semoga membantu.

Satu tanggapan untuk “Perpanjangan SIM Dengan Syarat dan Prosedur yang Mudah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.