Kuliner · Serba Serbi

Mi Gomak : Spaghetti Khas Medan

Mendengar Spageti tentu tak asing lagi bagi kita. Makanan luar negeri yang kerap kita jumpain kalo makan di restoran internasional. Biasanya banyak di pizza. Tapi kalo mendengar mi gomak, sebagian ada yang familiar tapi banyak juga yang asing ditelinga. Kalo spageti khas Medan? Makin asing dengernya ya…hehe

Spageti Medan itulah dia Mi Gomak.

Spageti Medan adalah perpaduan antara bentuk yang mirip spageti dengan mi gomak. Mi gomak sendiri adalah hasil olahan mi lidi yang udah dilenturkan dengan cara direndam atau direbus pake air panas. Apa pulak lagi mi lidi itu? Jangan-jangan lidi batang kelapa itu ya? haha

mi lidi

Jadi disebut mi lidi karna bentuknya mirip lidi. Tegak berdiri. Dulu waktu kecil saya suka ngemil mi lidi yang masih tegak itu, haha. Ada juga kok cemilan mi lidi yang udah dilumurin serbuk-serbuk bumbu. kekgiini… masi inget?

Kalo temen-temen ngeliat mi gomak memang sekilas mirip sama spageti. Bedanya kalo mi gomak warna kuningnya lebih ngejreng dan mi nya lebih gendut-gendut. Kalo spageti warnanya kuning pudar cenderung ke putih dan sedikit langsing, haha.

mi gomak (google)

Konon sebutan mi gomak itu dari orang Batak, dikarenakan pas ngambil mi nya itu digomak-gomak alias di ambil pake tangan. Kalo orang dulu sih gitu ya, di catut dikit-dikit pake tangan kemudian disiram bumbu dan dibungkus pake daun pisang. Bahkan sekarangpun kalo di kampung pedagang mi atau pecel masi pake tangan kalo ambil mi atau sayur-sayuran pecel. Meskipun sekarang udah banyak juga yang pake jepitan khusus itu.

Jangan tanya rasanya… bikin nagih lah. Apalagi kalo dimasak dengan bumbu melimpah. Trus ada campuran sayur labu siam yang diiris tipis-tipis atau biasanya juga pake sayur kol tambah ditaburin bawang goreng dan disiram pake kuah sambel atau bumbu kacang. Bisa dimakan pake kuah lontong jua sih, atau dilalap gitu doang juga enak. Yang paling diinget, jadi orang Medan lebih sah lagi kalo makan mi gomak pake nasi… hehe

Kalo bulan puasa begini, ngga susah cari mi gomak. Karna hampir semua pasar dadakan yang menjual menu berbuka menyediakan macem-macem olahan mi. Mi gomak ini wajib ada

This is it… Mi Gomak alias spageti Medan

mi gomak + bakwan + teh manis

24 tanggapan untuk “Mi Gomak : Spaghetti Khas Medan

  1. pernah makan doang waktu ada bazar seni di kampus 😀 kalo makan mie gomak di tempat aslinya belum sih, tp emang enak… mie gomak, pohul2.. aku paling suka mie jala sama pucok ubi tumbok

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.