Serba Serbi

Womenwill Day 1 : Manfaat Email, Google Calender serta Google Bisnisku Untuk Percepatan Usaha

Beruntung bisa ambil bagian dalam kegiatan weekend manfaat kali ini tepatnya Sabtu 27 April. Malah beruntungnya dobel. Fasilitatornya adalah blogger idolaku. Siapa lagi kalo bukan kakak kece badai super ngetop sekota Medan Mollyta Mochtar. Meskipun saya ketinggalan di materi 1 dan 2 tapi udah Alhamdulillah masi bisa ikut dimateri 3 dan 4. Mudah-mudahan bisa sampe materi Gapura Digital. Semoga ngga ada halangan…

Sedari awal masuk dunia penulisan, saya udah mengidolakan kakak satu ini. Selain blognya kak Noni, blog lain yang saya ikuti dan sering baca ya punya kak Molly.  Ini buktinya 😛

Dua-duanya adalah travel blogger medan yang kece abeees. Mudah-mudahan bisa ketemu kak Noni, someday 🙂

Makanya tahun kapan ya mba Nunik Tirta dari tiket.com ngadain Ngopi di Medan trus ada narasumbernya kak Molly, ngga pake mikir panjang saya langsung ikutan.

Gambar ini memiliki atribut alt kosong; nama filenya adalah fb_img_1516148037759-338529222.jpg

Gambar ini memiliki atribut alt kosong; nama filenya adalah fb_img_1516148016540-946561934.jpg

Masi inget ngga kisah viral mb Nunik sama outfitnya yang terkenal murah ini? hehe

Trus beberapa kali ketemu kak Molly di acara-acara durian Medan salah satu forum yang rutin diadakan oleh komunitas Blogger Medan

Sejak merantau ke Jawa tahun lalu, saya jadi hiatus dan akhirnya lama ngga ketemu kawan-kawan hebat ini, salah satunya kak Molly.

Makanya wktu ketemu kemaren seneng akutuuuuh 😌

Oke, lanjuut…

Gambar ini memiliki atribut alt kosong; nama filenya adalah img20190427084101-338529222.jpg

Tentang Womewill

Jika wanita sejahtera, semua sejahtera

Sesuai dengan judulnya,  kelas ini dipesertai oleh perempuan-perempuan tentunya. Difokuskan untuk wirausaha wanita yang ingin mengembangkan usahanya dengan cara digital.

Womenwill adalah inisiatif dari Google untuk menciptakan peluang ekonomi bagi perempuan di seluruh dunia agar semakin berkembang dan berhasil. Dengan membantu mereka memaksimalkan teknologi untuk mengasah keterampilan, mendapatkan inspirasi, dan terhubung satu sama lain melalui pelatihan, acara, dan advokasi. Kegiatan ini bertujuan menggalakkan wacana yang mempromosikan persamaan gender agar menguntungkan semua pihak.

Makanya semboyan di atas ketika diteriakkan oleh moderator, semua peserta berteriak tanda sepakat. Ya… jika wanita sejahtera, maka semua sejahtera 🙂

Beruntungnya, Indonesia masuk dalam daftar negara yang dipilih google dan Medan juga dapet “jatah” selain beberapa kota besar lainnya.  Hal ini dilatarbelakangi karna hampir setengah dari seluruh Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Indonesia diimiliki oleh perempuan yang tersebar. Melalui pelatihan dalam program berbagi keterampilan dan fitur digital, perempuan mengembangkan bisnisnya, membentuk komunitas, serta membantu Indonesia menjadi negara yang sejahtera. Tuh kan….

Dan kegiatan #Womenwill yang berlangsung di Hotel Swissbellin ini ditanganin langsung oleh wirausaha perempuan mandiri di kota Medan kak Alween Ong. Sebagai pelaku UKM yang terbilang sukses ini.

Gambar ini memiliki atribut alt kosong; nama filenya adalah img20190427090512-338529222.jpg

Manfaat Gmail, Google Kalender dan Google Bisnis

Rasanya hampir semua dari kita sudah punya email. Terlebih pengguna android. Tapi bagi sebagian peserta terutama mamak-mamak ada yang klaim ngga punya email. Ngga mungkin kan, ya?

Jadi materi dasar ini adalah manfaat Gmail untuk komunikasi bisnis, tips membuat email yang baik serta menjadi produktif dengan Google Kalender.

Manfaat Gmail

Sebagai blogger profesional, Kak Molly tentu saja terbiasa berkomunikasi melalui email dengan para klien. Email memang kerap digunakan sebagai sebuah alat komunikasi yang resmi terutama untuk perusahaan. Selain dapat mengarsip, memuat file lebih banyak dengan ukuran besar juga terkesan lebih profesional.

Maka itu, sebuah email jika digunakan untuk keperluan bisnis dituntut untuk

  1. Jelas dengan melampirkan judul yang sesuai keperluan misalnya
  2. Ringkas dengan isi yang tidak mengandun basa-basi yang tidak penting dan hindari lampiran terlalu besar
  3. Profesional misalnya mengindari penggunaan warna merah, pengulangan tanda baca misalnya penekanan (!!!) atau malah penggunaan huruf besar semuanya.

Untuk membuat aplikasi-aplikasi lainnya pada Google, pengguna wajib punya akun gmail sebelumnya. Itu sebab akun gmail ini sangat penting dimiliki para wirausaha yang ingin mengembangkan usahanya lewat fitur-fitur gratis Google.

Manfaat Google Kalender

Google Kalender merupakan aplikasi pengeloaan waktu dari google. Dengan adanya kalender digital ini memudahkan pengguna untuk mengatur segala jadwalnya lebih teratur dan praktis. Google Kalendar memiliki beberapa pilihan tampilan berdasarkan harian mingguan atau bulanan. Pengguna juga dapat memilih tampilan agenda yang bisa menampilkan semua acara yang dijadwalkan dan mempunyai alarm sebagai pengingatnya.

Makanya aplikasi ini penting dimiliki oleh profesiaonal yang mempunyai banyak jadwal penting, karna keberadaannya di ponsel yang notabene dibawa kemana-mana dan bisa kapanpun kita cek, maka kecil kemungkinan ada jadwal yang terlupa.

Manfaat Google Bisnis

Google Bisnisku merupakan aplikasi gratis untuk mengatur keberadaan suatu bisnis di Google Search dan Maps. Aplikasi ini dapat diunduh melalui Google Play Store atau App Store.

Manfaat menggunakan Google Bisnis antara lain mudah ditemukan calon pelanggan, berhubungan langsung dengan pelanggan dan meluaskan jaringan. Oleh sebab itu, pilihlah nama yang paling mudah dan populer serta paling banyak dicari di kata kunci.

Semakin banyak ulasan berbintang 5 pada google bisnis, maka semakin luas kesempatan bisnis tersebut ditemukan. Makanya pemilik bisnis yang sudah mendafarkan bisnisnya disini dituntut untuk selalu aktif memperbarui foto-foto serta info dan kegiatan-kegiatan pada bisnisnya.

Inti dari setiap pertemuan adalah Google punya banyak fitur gratis yang sangat bisa dimanfaatkan untuk mempercepat pertumbuhan bisnis khususnya kaum perempuan produktif.

Google melihat peluang bahwasanya pengusaha saat ini kebanyakan ibu-ibu yang kreatif tapi belum melek teknologi. Makanya disini diajarin bener-bener dari dasar dari mulai bagaimana bikin email. Bukan sekedar bikin email tapi seperti apa email yang baik agar terlihat profesional dan fitur-fitur gratis Google lainnya agar segera dimanfaatkan untuk kemajuan bisnisnya.  🙂

Gambar ini memiliki atribut alt kosong; nama filenya adalah img20190427125325-946561934.jpg

Gambar ini memiliki atribut alt kosong; nama filenya adalah img20190427125039-338529222.jpg

4 tanggapan untuk “Womenwill Day 1 : Manfaat Email, Google Calender serta Google Bisnisku Untuk Percepatan Usaha

  1. Pas baca paragraf pertama langsung terhura akutuuu😍. Makasih loh, Chi😘. Dan sejujurnya surprised banget ketemu Uchi di pelatihan Womenwill Medan yang lalu. Sayang ngga sempet ngobrol lama kita, ya. Semangat terus ikuti semua kelas WW dan Gapura Digital nya! And keep blogging, too.

    Suka

  2. Gara2 ngejar Tasyafarasya lah kak, haha.
    Klo berkiblat pada blogger panutan, biasanya semangat nulis membara2. Thanks for every sharings, kakak cantiikkk

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.