Serba Serbi · Tips

6 Tips Ampuh Menghilangkan Rasa Ngantuk di Kantor

Orang kantoran mana suaranya? Yang suka ngantuk angkat tangannya!!!

Ngga sih, saya ngga cari kawan. Cuma pingin berbagi ide-ide brilian aja supaya hari-harimu ngga suka ngantuk saat di kantor. Iya bener ini ide brilian. coba aja. Jam rawan ngantuk itu biasanya kan abis makan siang dan setelah solat juhur. Bener, ngga? Nih tipsnya, cekidot:

1. Mandi sebelum subuh. Saya inget pesen mamak, “jangan males mandi pagi-pagi sekali pake aer dingin, selain sehat bisa bikin awet muda”. Kebiasaan ini saya lakukan 11/2 tahun terakhir. (ya ampun pake setengah setengah segala) haha. Padahal pesan mamak ini udah dari jaman sekolah esde. Awalnya karna kantor itu jauh dari rumah dan harus berangkat setidaknya jam 6 pagi. Keadaan ini memaksa saya harus mandi sebelum subuh. Ngga sempet rebus air juga buat mandi, lah bangun jam setengah 5 keluar dari selimut aja udah paten kali. Jadi bener-bener mandi sebelum subuh pake air dingin. Emang harus pake air hangat, gitu? Ya, karna rumah saya di daerah pegunungan beriklim sejuk. Tapi auto pilot aja sih begitu melek mata, bangun langsung mandi. Lama-lama jadi terbiasa sampe sekarang. Padahal sekarang kantor sama rumah udah ngga jauh lagi. Libur juga begitu. Efeknya memang berasa betul. Sampe kantor disambung ambil air wudhu buat solat duha. Sampe sore Insyaallah ngecass… Setidaknya lebih segar dan bikin ngga males beraktifitas.

Tapi terkadang ada masa-masa dimana mata sepeeet ngga bisa diajak kompromi. Kalo udah  begitu biasanya:

2. Bikin Teh. Semisal ngantuknya ngga tertahankan bener-bener, saya biasanya bikin teh. Afdolnya sih kopi ya, tapi karna jantung adek ngga tahan, teh manis bole lah. Bikin di gelas kecil dan jangan terlalu panas. Maksudnya supaya bisa sekali teguk gitu. Air hangat itu ada efek kaget-kagetnya gitu di perut. Apalagi pas ngalir dari kerongkongan ke bawah. Tapi kalo dibiarin sampe dingin yang ada malah bikin makin ngantuk. Sama kayak asmara, kalo dingin-dinginan pasti bawaan ngga enak mau ngapai-nagapain. Makanya tehnya diminum pas lagi hangat-hangatnya. Saya sih gitu ngerasanya…

3. Siapkan cemilan. Kalo saya sukanya semacam kerupuk atau keripik gitu-gitu. Apalagi keripik pedes. Kalo ngemil roti malah bikin kenyang dan berujung pada ngantuk. Lagian kalo pas ngunyah keripik atau kerupuk kan agak keras tuh, bisa bikin mulut bekerja lebih giat dan ampuh mengalihkan rasa ngantuk. Apalagi di jam-jam lapar. Ngantuk hilang perutpun kenyang. Luar biasa yaa… Haha.

4. Musik. Ah, ini sih a must. Dengarkan radio yang penyiarnya lucu-lucu kayak prambors ada Desta dan Gina atau lafamme ada Indie Barens dan Indra Bekti. Meskipun lagunya itu itu melulu tapi bacotan penyiarnya ngga jarang bikin ketawa. Ohiya, dengerin lagu india ternyata bisa ngilangin ngantuk, loh. Sungguh… Hihi

5. Berkunjung ke divisi lain. Karna sesama divisi mungkin udah bosen bole la cari suasana baru. Terkadang ada beberapa orang yang suka ngelucu atau kalo beruntung dapet cemilan, haha.

6. Tidur. Obat ngantuk ya ngga lain ngga bukan cuma tidur. Kalo bener-bener ngga tertahankan lagi, kabur sebentar ke musolah. Ngga usah bawa-bawa hp segala karna yg ada malah skroling. Tidurkan setidaknya 10-15 menit masi aman lah dari pantauan. Kecuali kaburnya 1 jam udah pasti dicariin bos. Jadi tetep harus hati-hati yaa..

Tapi yang paling pasti ya jangan begadang. Karna kata Bang Haji Rhoma, bahwa begadang itu tiada artinya…..

 

pinterest
pinterest

 

Nah, itulah dia tips yang disebut-sebut brilian itu. Semoga tips ini bisa membantu kawan-kawan yang suka ngantuk di jam kerja.

Kalo ada tips lain yang lebih brilian, kasi tau yaaa… 😌

7 tanggapan untuk “6 Tips Ampuh Menghilangkan Rasa Ngantuk di Kantor

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.