Serba Serbi

4 Manfaat Memakai Masker

Sejak sakit TB Paru lalu, saya jadi esktra ketat jaga kesehatan. Setidaknya meminimalisir kemungkinan kambuh lagi. Selain pola hidup dan pola makan yang masih berantakan, wkwkwk cara lain yang paling gampang dan murah adalah pake masker. Bukan masker untuk perawatan wajah yaa… Melainkan masket penutup hidung dan mulut.

Tapi waktu sakit, saya memang malah jarang pake masker padahal sangat dianjurkan dokter. Karna saat itu nafas saya bisa dibilang pendek dan sering ngos-ngosan. Jadi kalo pake masker yang ada saya makin sesak nafas.

Setelah masuk kantor baru yang mewajibkan semua karyawan pake masker, mau ngga mau saya jadi terbiasa dan malah aneh kalo ngga pake masker.

Masker yang saya pake terbuat dari kain yang bisa dicuci. Bukan masker yang banyak dijual di apotik kebanyakan. Yang abis pake buang. Karna itu bahannya panas bikin saya susah bernafas dan hidungnya keringetan terus. Ngga nyaman

Sedikitnya ada 4 manfaat memakai masker, antara lain:

1. Terhindar dari debu, asap dan virus. Dari dulu saya paling ngga suka sama orang merokok. Temen-temen kuliah saya tuh dulu udah pada tau kalo ada saya mereka menjauh kalo mau ngerokok. Daripada debat, pikirnya ๐Ÿ˜„. Udah gitu saya pernah berjasa bikin salah satu mantan saya jadi brenti merokok, eaaaaa, haha. Sekarang saya biasa bawa 2 masker kemana-kemana. Karna asap rokok itu biasanya baunya lengket di baju kita termasuk masker. Makanya kalo abis kena asap rokok saya ganti masker yang baru. Selain asap rokok, setidaknya masker bisa memfilter virus yang berterbangan di udara. Saya jadi inget kata temen saya mengenai penyabab sakit saya waktu itu bisa jadi karna orang dengan penyakit TB paru buang dahak sembarangan kemudian virusnya dibawa angin dan singgah dibadan orang yang imunnya lagi rendah. Kena deh…

2. Membantu menghangatkan tubuh. Ngga tau sih darimana nyambungnya. Tapi saat udara atau AC kantor terlalu dingin, selain pake syal, pashmina atau jaket masi terasa menusuk, dengan menambahkan masker dinginnya jadi berkurang loh. Serius! Mungkin karna udara dingin ngga ikut masuk lubang hidung kali ya, haha.

3. Lebih aman dan nyaman. Misalnya kita lagi ketiduran di angkutan umum jadi ngga takut ketauan kalo lagi nganga atau ngences. Jadi kan aman, hahaha. Atau lagi di tempat umum tapi lagi bengong misalnya kan ngga ketauan lagi muka jelek ๐Ÿ˜

4. Alat Penyamaran. Kalo kebetulan ketemu orang yang ngga pingin ditemui (apa sih ini???) kita jadi aman dari kegiatan sapa menyapa. Kadang ada kalanya lagi males beramah tamah, haha. Saya pernah pas belanja ketemu sama temen sekolah. Satu tempat belanja pula. Saya udah pernah ceritakan kalo saya itu gampang lupa. Contohnya nama temen-temen sekolah saya. Kenal wajah tapi lupa nama. Setelah mikir keras tapi ngga kunjung inget, saya putuskan untuk ngga usah menyapa. Daripada obrolan jadi garing. Untung pake masker jadi beliau juga ngga ngenalin saya. Hehee

Ada yang mau nambahin atau pengalaman pribadi manfaat pake masker? ๐Ÿ˜Š

11 tanggapan untuk “4 Manfaat Memakai Masker

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.