jalan dan wisata · Kuliner

Tauge Goreng, Kuliner Bogor yang Menyihir Lidah

Sekilas, Tauge goreng ini mirip sekali dengan gado-gado kalau di Sumatera Utara. Kenapa Sumut? Karena gado-gado setiap daerah itu punya versi yang berbeda. Jadi saya menyamakan dengan yang ada di daerah sendiri.

Saya pertama sekali mencicipi hidangan ini di daerah asalnya, Bogor. Tepatnya diarea kuliner Botani Square. Kata Oma sebelum pulang ke Medan saya harus nyobain kuliner khasnya dulu setelah sebelumnya makan asinan yang konon paling enak dan saya ngga doyan, haha. Lidah saya memang paling susah menyesuaikan diri dengan kuliner baru. Dari liat penampilannya aja saya udah bisa ngerasa kalo lidah saya ngga bakalan doyan sama hidangannya. Jadi kalo misal pergi keluar kota atau daerah yang punya kuliner khas sendiri, saya lebih pilih cari yang aman. KFC dkk, haha

TAHU GORENG
area kuliner Botani Square (google.com)

 

Lain hal dengan Tauge Goreng. Saat saya kebingungan milih makanan di beberapa etalase, Oma ikut milihin menu dan mendesak saya nyobain tauge goreng. Padahal dari namanya aja tauge saya ngga begitu maniak sama jenis sayuran yang satu ini.

Tauge goreng dibuat dari berbagai campuran bahan makanan. Diantaranya tauge, kemudian ada mi kuningnya, tahu dan lontong. Disiram dengan kuah yang katanya terbuat dari oncom. Saya ngga begitu paham oncom seperti apa tapi secara keseluruhan bumbu kuahnya mirip sekali dengan bumbu pecal atau lontong gado-gado atau tahu goreng berbumbu kacang dan kecap.yang ada di daerah saya. Duh, nulis ini saya nelen ludah. Karna saya makannya di area mol, yang dapurnya ngga keliatan, saya jadi ngga tau cara pengolahannya seperti apa.

Tapi saya bisa simpulkan dari kuliner khas Bogor, Tauge goreng satu yang paling jadi pavorit saya. Sayang sekali di Medan ngga ada yang jual. Masalahnya walaupun mirip sekali sama lontong gado-gado, ngga akan bisa menggantikan rasa khas yang sampe sekarang masi nempel di langit-langit mulut. Bener-bener menyihir lidah, nih. Masa saya harus ke Bogor? Berat dong…di ongkos 😀

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.