4 Makanan Khas Berbuka Puasa

Berhubung lebaran ini ngga ada jalan-jalan, jadi saya mau banyak nulis yang soal puasa puasa aja lah kayaknya. Saya sih puasa dari tahun ke tahun sama aja. apalagi soal berat badan, ya ngga ada nambah dan kurangnya. Selain memang  saya ngga kemaruk makan juga seperti beberapa orang yang laper mata pas buka puasa semua makanan dijajal, dah tu saya juga ngga hobi makan. Makanya berat badan saya ngga kunjung nambah haha

Kebanyakan keluarga, pas ramadhan begini pasti selalu ada aja makanan spesial yang disediakan untuk berbuka puasa. Apalagi ada anak anak usia belajar puasa, tujuannya supaya anaknya semangat puasa karna banyak makanan enak-enak. Makanya ngga jarang kalo pas bulan puasa keuangan justru malah jebol, haha. Gapapa, semoga diganti Allah, aamiin 🙂

Ngomongin soal makanan, ini beberapa makanan khas yang sering muncul saat bulan puasa:

Kurma

Kurma adalah makanan pembuka puasa Nabi sehingga sangat dianjurkan bagi muslim. Rasanya manis. Kurma sendiri ada beberapa jenisnya. Dari yang mahal sampe yang terjangkau sesuai kualitas. Saya ngga begitu faham ngeliat kualitas kurma. Bagi saya rasanya sama aja, hehe

google.com

 

Kolak

Makanan berbahan dasar santan ini memang cocok untuk bukaan. Selain rasanya manis juga ngga terlalu berat. Paslah pengganjal perut selama menjalankan tarawih

Kolak biasanya diisi dengan pisang, ubi, labu, kolang kaling atau tambahan lain sesuai selera dan ditambahkan daun pandan supaya tambah wangi

KOLAK
google.com

 

Bubur Candil

Bubur ini campuran tepung kanji supaya kenyal dan kuahnya kental. Bubur ini berbahan dasar ketan dan dicampur dengan santan. Tak lupa juga daun pandan supaya wangi paripurna

trisuci.as___Bax1TB8l8jSgTwp_IAWyLWNigPFx7g4F4lT7FI0___
trisuci.com

 

Manisan Kolang Kaling

Kolang kaling yang sudah dicuci bersih dicampur dengan pewarna. Lebih bagus lagi pewarnanya diganti dengan sirup supaya lebih aman bagi kesehatan. Disajikan dalam keadaan dingin lebih maknyusss

MANISA
google.com

 

Sepertinya memang cuma 4 itu aja. Setidaknya didaerah saya, sih. Kalau gorengan atau jenis takjil lainnya setiap hari juga ada tapi di tempat tertentu. Hanya saja dibulan puasa nyarinya ngga susah karna di pinggir jalan banyak pasar kaget yang jual makanan buka puasa apalagi berbagai macam takjil.

Di daerahmu ada makanan khas bulan puasa, ngga?

 

Iklan

9 tanggapan untuk “4 Makanan Khas Berbuka Puasa

  1. Di daerah ku, sirop dingin seperti sirop ABC atau Marjan popular juga sebagai sajian khas buka puasa

    Disukai oleh 1 orang

    1. Sama mb… Klo udh masuk bulan puasa itu grosir2 langganan pd ngasi bonus sirup 😀

      Suka

  2. Kami bilangnya pakkat.. sejenis rebung yang dibakar gitu… aku ga tau bahasa indonesianya apa.. hhahaha

    Suka

    1. Aku ngga pernah dengar dan liat. Ada jual di pasar kaget depan usu ngga bang? hehe

      Suka

      1. Di kampungku sidimpuan banyak tu kak.. kalo di medan ini kurang tau dimana aja.. kemaren kata kawan di tembung ada.. hhehe

        Suka

      2. udah googling dan beneran belum pernah liat makanan itu. hehe

        Suka

      3. coba tanya kak mana tau ada kawan orang mandaling pasi tau.. kalo kk googling kemungkinan ga ada.. hhaha

        Suka

      4. Googling ada. Mirip lemang pake bambu2 soalnya

        Suka

      5. Nah itu dia 😂😂

        Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close