Serba Serbi

9 Istilah Populer Bulan Ramadhan

Apa kabar semua dihari ke dua puasa???

Alhamdulillah masi dipertemukan dengan Ramadhan. Bulan penuh berkah dan ampunan.

Postingan pertama ramadhan ini pingin cerita yang ringan – ringan deh. Disela-sela kerjaan dan merindukan magrib, hihi.

Ngabuburit adalah istilah yang paling populer dibulan puasa. Setidaknya populer untuk kalangan muda. Jangan coba-coba pake istilah ini di kampung saya ya…atau kau akan dapat pertanyaan “opo iku ngabuburit?” haha. Kalo mau jelasin ya gapapa juga.

Di beberapa daerah atau mungkin di Indonesia istilah-istilah yang populer saat ramadhan bisa jadi sama semua. Coba kita tes yuk beberapa istilah yang sangat sering diucapkan hanya ketika Ramadhan tiba.

  1. Sahur – Kalo istilah ini sebenernya puasa sunah diluar ramadhan juga dipake sih ya. Tapi lebih sering di dengar pas bulannya ramadhan. Sahur merupakan satu waktu dimana semua muslim yang menjalankan puasa akan bersantap. Sahur ini bisa dilaksanakan ba’da isya sampe waktu imsyak. Tapi alangkah baiknya sahur dilakukan menjelang waktu imsyak
  2. Imsyak – Satu waktu dimana sudah tidak diperbolehkan lagi untuk makan dan minum dan hal-hal lain yang bisa membatalkan puasa
  3. Tarawih – Solat sunah yang hanya dilakukan dibulan ramadhan.  Solat sunah ini dilaksanakan sebanyak 11 rakaat ada juga yang 23 rakaat.
  4. Tadarus – Membaca Alquran setelah selesai tarawih. Alangkah baiknya untuk menamatkan sebanyak 30 juz sepanjang bulan ramadhan.
  5. Takjil – Istilah untuk makanan ringan atau cemilan berbuka puasa
  6. Ngabuburit – Istilah untuk segala kegiatan mengisi waktu selama menunggu berbuka puasa
  7. Asmara Subuh – Saya males gugling asal muasal istilah ini. Tapi biasanya identik dengan kegiatan yang ngga berfaedah setelah solat subuh. di berita-berita malah banyak polisi yang membubarkan kegiatan ini.
  8. Iftar – Kegiatan buka puasa bersama oleh keluarga atau komunitas atau instansi. Lebih sering disebut Buber atau bukber
  9. Mudik – Nah ini waktu yang ditunggu tunggu para perantau terutama anak kos nih biasanya. Kegiatan pulang kampung untuk bersilaturahmi dengan orang tua dan keluarga

Nah itu beberapa istilah yang ngga bisa dilepaskan dari bulan ramadhan. Yang terpenting kita beribadah karna Allah dan semoga dipertemukan dengan ramadhan berikutnya. Aamiin..

Teman-teman ada istilah unik ngga didaerahnya?

 

Iklan

13 tanggapan untuk “9 Istilah Populer Bulan Ramadhan

  1. Bukber kayanya mba, buka bersama.
    Kalo di daerah saya alhandulillah gak ada kegiatan asmara subuh gitu si, tapi paling banter pada joging abis subuhan, kalo saya sih malah lanjut molor. Haduh.. hahhaa

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.