Cara Ampuh Mencegah dan Melawan Infeksi Saluran Kemih dengan Prive Uri-Cran

Lebaran tahun lalu, saya berkunjung ke Jakarta selama beberapa hari dan jalan-jalan ke Kota Tua. Saya ingat skali waktu itu hari Jumat. Selepas keliling Kota Tua, saya dan temen lainnya cari ketoprak buat makan siang di gerobak pinggir jalan. Sambil nunggu temen yang jumatan, saya numpang duduk ditempat makan ketoprak dan saat itu sangat kebelet pipis. Ngeliat sih, ada toliet umum tepat di seberang trotoar tempat lapak pedagang. Tapi memangnya saya pun males nyebrang karna hari itu matahari terik dan cuaca panas skaligus bayangin kondisi toilet umum yang biasanya gimana gitu, jadinya pipis ditahan sampe akhirnya lupa dan ngga kebelet lagi.

Yang namanya lagi jalan-jalan biasanya pada lupa minum. Apalagi saya harus diingetin kalo soal minum alias ngga telaten. Sekalinya bawa air mineral, eh ketinggalan pas asik foto-foto di pelataran kota tua. Lain soal minum, lain pula soal buang air. Jangankan BAB, pipis aja suka males kalo harus di tolet umum. Apa yang terjadi? Udahlah kurang minum, pipis pun ditahan. Alhasil besoknya kena anyang-anyangan.

Anyang-anyangan termasuk salah satu penyakit langganan saya sejak dahulu kala. Tadinya cuma tau dari orang-orang tua kalo penyebab anyang-anyangan itu karna minum air dingin yang dicampur air panas. Dan, tau ngga apa “obat”nya? Cabut sehelai ijuk dari sapu dan ikatkan pada salah satu jempol kaki. Percaya ngga percaya, it worked! πŸ˜…

Itu sih dulu….

Ntah sapa yang ngajarin pokoknya anyang-anyangannya sembuh ngga pake lama. Kekuatan sugesti bener-bener ampuh, ya. hihii

Jadi, terakhir saya kena anyang-anyangan ya sekitar pertengahan tahun lalu. Tapi ngga sempet ke dokter dan 3 hari udah sembuh sendiri. Obatnya ngga lagi pake ijuk, kok, hehe. Kali ini udah pinter dikit. Cuma banyak-banyak minum air putih aja.

Tahun sebelumnya saya kena anyang-anyangan juga. Dan itu sampe di USG segala. Nah, dari hasil pemeriksaan itu jadi tau kalo saya kena ISK sekaligus jadi tau kalo saya punya kista yang hidup dan batu ginjal. Tapi, tidak terlalu menghawatirkan. Sejatinya semua perempuan itu punya kista. Hanya saja besar kecilnya yang bikin jadi bahaya atau ngganya. Dan kata dokter obatnya cuma satu. Jangan banyak makan fastfood dan mecin, haha. Dan batu ginjalnya obatnya juga cuma satu. Banyakin minum air putih. Udah itu aja! Tapi itu untuk kista dan ginjal yang belum terlalu berbahaya dan masih bisa dicegah perkembang biakannya, loh. Kalo udah kategori parah ya lain lagi pengobatannya.

Nah anyang-anyangannya gimana?

Dalam bahasa medis, anyang-anyangan disebut dengan Polakisuria, yaitu suatu kondisi dimana kandung kemih tidak dapat menampung urin lebih dari 500ml karena lapisan mukosanya meradang sehingga penderitanya menjadi sering pipis. Urine yang keluar sedikit-sedikit disertai dengan rasa nyeri dan panas (disuria). Penyebab sakit saat buang air kecil biasanya karna ada peradangan dan iritasi yang disebabkan oleh beberapa faktor seperti pengkristalan urine, iritasi pada uretra karna akitifitas seksual dan penggunanaan sabun-sabun, peradangan kandung kemih, menopause, efek samping dari penggunanaan obat-obatan dan yang paling sering disebabkan oleh infeksi bakteri atau dikenal dengan sebutan Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Apa sih, ISK itu? 

ISK atau bahasa kedokterannya mereka sebut dengan Cystitis, merupakan infeksi yang menyerang saluran kemih. Bisa itu dari yang paling atas yaitu ginjal, kandung kemih ataupun uretranya.  makanya ISK itu terbagi dua. ISK bagian atas, yang diserang adalah organ ginjal. Sementara ISK bagian bawah yang diserang itu kandung kemih dan uretra.  Jadi saluran kemih itu meliputi ginjal, kemih dan uretra. Itu satu paket.

Siapa aja yang bisa kena ISK?

Semua kalangan berpotensi kena anyang-anyangan bahkan sampe pada kategori ISK. Kan penyebabnya bakteri, jadi dimanapun dan siapapun bisa terserang. Terlebih wanita.

Ternyata 5 dari 10 wanita sering mengalami ISK. Kenapa lebih banyak wanita? Karna saluran kencing pada wanita lebih pendek. Ngga dijabarkan panjang lebar pasti udah pada ngerti, dong bedanya. Karna saluran yang pendek itulah bakteri nempel dan gampang masuk ke saluran kemih. Bakteri penyebab ISK itu namanya E.Coli. Iya, sama seperti bakteri yang di saluran cerna atau usus.

Bagaimana pula bakteri itu bisa nempel?

Ternyata karena kebiasaan buruk yang sering skali ngga kita sadari sekaligus kebiasaan yang menjadi Penyebab Anyang-anyangan,  seperti:

  1. Cebok yang salah. Kebiasaan saya sebelumnya kalo cebok itu yang penting di gosok pake air plus sabun khusus. Nah, ternyata cebok juga ada aturannya. Terlebih selepas BAB. Arahkan tangan dari depan ke belakang. BUKAN SEBALIKNYA. Jadi dari arah vagina ke anus. Supaya bakteri yang dari anus itu ngga pindah ke vagina. Gitu…
  2. Toilet Kotor. Jangankan toilet umum, punya pribadi aja belum tentu terbebas dari bakteri jahat. Dibandingkan toilet duduk, ternyata toilet jongkok jauh lebih aman. Andaikata terpaksa harus menggunakan toilet duduk, lapisi tempat duduknya pake tisu supaya kulit ngga langsung nempel di kloset.
  3. Air yang kotor. Sama halnya dengan toilet, air bening juga belum tentu terbebas dari bakteri. Apalagi air dibak pada toilet umum. Solusi sederhana pakai air untuk cebok yang langsung ditampung dari keran. Kalau gayungnya juga mencurigakan, bawa wadah seperti wadah bekas air mineral gelas. Kalau air mati dan gayungnya juga jorok? Nah, mulai sekarang biasakan bawa air di botol air mineral untuk cebok kalau terpaka menggunakan toilet umum. Ngga masalah dong, beli air mineral 5ribu perak daripada tersiksa badan dan dompet gara-gara kena ISK 😲
  4. Nahan pipis. Wah, ini kebiasaan buruk saya yang sampe sekarang susah saya ubah. Padahal udah sering kena ISK tapi ngga jera juga πŸ™ˆ. Kebiasaan ini penyumbang terbesar yang gampang menyebabkan anyang-anyangan atau ISK.
  5. Kurang Minum. Sejak sering kena ISK, perubahan baik yang saya lalukan adalah jadi banyak minum. Yup, sesuai anjuran lah sekarang saya minum sehari minimal 2 liter. Sueerrr! Bukan cuma alasan ISK sih, tapi karna saya kerjanya banyak duduk hampir seharian di ruangan AC pula. Jadi supaya ngga sakit pinggang dan dehidrasi juga, sih.
  6. Sering pakai pakaian dalam yang lembab. Ada yang suhu tubuhnya bisa bikin gampang keringetan. Dan itu menyebabkan pakaian di badan jadi ikuy lembab termasuk pakaian dalam. Kalau sering begitu ada baiknya selalu bawa setidaknya satu pakaian dalam (celana dalam) sebagai ganti bila sewaktu-waktu pakaian kita lembab karna keringat. Keringat pengundang terbesar bakteri ke tubuh kita. Lagipula mana nyaman pake celana yang lembab, kan? 😊
  7. Malas merawat organ intim. Biasanya para istri, nih. Mungkin ngerasa udah ada yang punya jadi sepele,hehe. Jangan, ya…. Organ intim harus dirawat kebersihannya. Bulu-bulu itu jangan males mangkasnya secara berkala, hehe. Siapa yang tau kalo disitu banyak bakteri, coba? Ato ada yang niat manjangin? πŸ™ˆ. Ngga cukup sekedar bersih, alangkah lebih baik lagi bila wangi. Pake aja pembersih khusus organ kewanitaan. Banyak kok yang bagus produknya dan bikin wangi.

Itu beberapa contoh kebiasaan buruk yang ternyata menjadi penyebab anyang-anyangan dan berpotensi infeksi di saluran kemih.

Seperti apa gejala-gejala yang timbul saat terkena Anyang-anyangan? 

Biasanya diawali dengan keinginan untuk buang air kecil secara terus menerus. Kemudian disusul dengan rasa sakit buang air kecil. Urine yang keluar pun hanya sedikit-sedikit dan bikin kita ngerasa ngga tuntas pipisnya. Saat-saat yang paling menyakitkan adalah ketika urine itu berhenti dengan tiba-tiba yang selanjutnya itu seperti disumbat ngga bisa keluar dan itu rasanya panas. Saya sering paksa pipisnya supaya keluar dengan cara ngeden tapi malah bikin tambah panas sampe nangis nahan sakitnya. Jangan ditanya apa yang sakit yaa… πŸ˜‘

Bila sudah masuk ke tahap yang parah, demampun mulai melanda. Badan panas dingin. 

Apalagi kalo pipis udah mulai berdarah, bau dan warnanya kuning pekat, wah ngga bisa dibiarin. Kalo sudah begini harus segera diperiksakan ke dokter.

Dua tahun terakhir berturut-turut saya kena ISK. Tahun 2016 yang paling parah sampe harus langsung ke dokter SpOG. Pemeriksaannya juga selalu disertai dengan USG. Tp sebenernya dari gejala yang kita utarakan mereka udah pasti bisa nebak kalo kita kena ISK. Tapi mungkin untuk lebih memastikan, mereka lihat melalui USG sekaligus untuk mengetahui yang diserang bakteri EColi itu saluran kemih bagian atas atau bagian bawah.

Dengan mengkonsumsi antibiotik dari dokter, biasanya dalam waktu paling lama seminggu, ISK berangsur-angsur sembuh. Selain konsumsi antibiotik, mengubah kebiasaan buruk tadi juga harus dilakukan untuk mempercepat proses penyembuhan sekaligus menghindari terkena ISK kembali.

Manatau ketika baca ini, ada yang mencibir atau sinis karna saya banyak banget penyakitnya, ada baiknya kalian periksa, gih. Karna saya juga ngga sadar kalo punya batu ginjal plus kista kalo ngga karna USG sebab ISK itu. Sebelumnya saya merasa diri sehat-sehat saja 😊

Tips / Cara Mencegah Anyang-anyangan

Segala macam penyakit seharusnya bisa dihindari. Asal tau apa saja yang harus kita lakukan untuk mencegahnya. Termasuk ISK. Ini sebenernya paling gampang ngelakuinnya tapi masi banyak yang suka males dan abai. Hmm.. Kalo udah males mah ini penyakit yang belum ada obatnya ya. 

Jadi beberapa kebiasaan untuk mencegah ISK adalah dengan pola hidup sehat dan menghindari dari kebiasaan buruk di atas tadi. Pola hidup sehat itu seperti: 

  1. Jangan nahan pipis. Urine itu bagian yang harus segera dibuang. Jangan dikumpulin di kantong kemih. Nah, kalo udah ngumpul dan ngga segera dibuang, bisa-bisa menggumpal. Kalo udah mengkristal ya udah pasti keluarnya terhambat.
  2. Baik di toilet pribadi apalagi toilet umum, biasakan cebok pakai air yang ditampung langsung dari keran. Setidaknya yang dari keran airnya belum bercampur dengan air lainnya yang udah banyak tersentuh.
  3. Jika sedang berpergian, bawa setidaknya 1 celana dalam cadangan. Jadi jika cuaca sedang panas dan menyebabkan pakaian dalam lembab, bisa langsung diganti. Nyaman, deh. 
  4. Jika terpaksa menggunakan toilet umum yang kebersihannya diragukan, jangan enggan untuk beli air mineral untuk dipakai bersuci. Ngga rugi lah dibandingkan akibatnya kalau sempet kena ISK. Biaya USG ngga sebanding sama harga sebotol air mineral, hehe.
  5. Jika di toilet umum tersedia tisu, pakailah untuk melapisi kloset duduk. Kalau ngga yakin tersedia tisu, ya bawa tisu sendiri. Biar klosetnya ngga langsung nempel ke kulit. Bayangin aja kloset itu udah diduduki berapa orang. Atau mungkin saja kita yang bawa bakteri. Jadi supaya bakteri kita ngga nempel di kloset dan pindah ke pengguna toliet yang lain juga.
  6. Untuk pasutri, apalagi pengantin baru. Sebelum dan sesudah berhubungan dianjurkan untuk langsung pipis. Terutama para istri.
  7. Merawat organ intim. Untuk hal ini setiap wanita punya cara yang berbeda. Yang pasti ganti celana dalam minimal 2 kali sehari.
  8. Cebok dengan cara yang benar yaitu membasuh dari arah vagina ke anus.
  9. Banyak minum air putih. Air putih ini yang paling murah, paling gampang dapatnya tapi justru paling banyak manfaatnya. Sesuai anjuran, minum minimal 8 gelas atau setara dengan 2 liter sehari atau disesuaikan dengan aktifitas. Lebih banyak dan lebih berat aktifitasnya berarti dibanyakin juga minum airnya. Hal ini bertujuan supaya tubuh ngga dehidrasi dan sirkulasi urine itu teratur dan selalu dibuang. Banyak minum udah pasti banyak juga yang dikeluarin. Ya itu tadi, asal jangan males pipis 😊


Cara mengatasi Susah Buang Air Kecil

Perawatan secara mandiri juga bisa dilakukan saat mengalami susah dan sakit saat buang air kecil seperti pijitan lembut pada area bawah perut sekitar kandung kemih atau dengan kompres memakai air hangat untuk merelaksasi organ pada saluran kemih.


Pengobatan ISK

Bila sudah ketahap yang parah dimana badan menjadi panas, ngilu atau nyeri dibagian pinggul disertai urine berwarna kuning pekat bahkan berdarah dan bau menyengat, maka membiarkannya bukanlah tindakan tepat. Selain tetap konsumsi banyak air putih, segeralah periksakan ke dokter. 

Dari pemeriksaan USG biasanya akan diketahui yang terinfeksi itu saluran kemih atas atau bawah. Dokter akan beri antibiotik secukupnya. Biasanya untuk 4 hari s/d seminggu.

Mengkonsumsi obat-obatan memang dapat menyembuhkan penyakit tertentu. Tapi efek lain dari itu biasanya akan mengenai ginjal. Sebab itu selalu disarankan banyak minum air putih. Ini sangat penting untuk kesehatan ginjal dan lever. 

Selain pengobatan medis dan pola hidup sehat tersebut, cara yang paling alami tetaplah minum air putih minimal 8 gelas sehari, konsumsi minuman herbal atau suplemen juga banyak dianjurkan oleh ahli kesehatan. Sekarang banyak sekali produk herbal dan jenisnya itu macem-macem. Dipromosikan dengan berbagai macam cara untuk menonjolkan kelebihan masing-masing. Bikin bingung aja ya…

Terkadang yang membuat malas minum air putih itu selain ngga haus, air putih itu ngga ada rasanya, ya πŸ˜€. Tapi jangan hawatir karna mencegah dan mengobati ISK juga bisa dengan konsumsi produk herbal. Salah satu yang paling manjur adalah Prive Uri-Cran 
Uri-Cran si Ahlinya ISK

Produk herbal pencegah anyang-anyangan juga jenisnya macem-macem. Tapi sejauh ini yang banyak saya baca dan dengar adalah produk dari Combiphar bernama Prive Uricran.

Prive Uricran ini dibuat dari ekstrak buah cranberry yang memang khasiatnya itu untuk menghambat infeksi bakteri pada saluran kencing.

Coba kita gugling dulu seperti apa itu buah Cranberry dan manfaatnya ya…

Cranberry (Vaccinium Oxycoccos) adalah tanaman jenis berry yang termasuk tanaman semak atau tumbuhan liar. Tanaman cranberry punya banyak kesamaan dengan blueberry. Hanya cranberry punya warna merah tua. 

Buah Cranberry (pixabay.com)

Buah ini punya kadar vitamin C yang cukup tinggi. Selain itu kaya serat makanan, mineral dan flavonoid antosianidan, sianidin, peonidin dan quercetin serta memiliki senyawa fitokimia yaitu salah satu sumber antioksidan polifenol yang bermanfaat bagi kesehatan jantung. 

Jus buah cranberry diketahui efektif mencegah infeksi saluran kemih. Karna buah ini memiliki antioksidan yang disebut proanthocyanidins dan dapat mencegah pertumbuhan bakteri penyebab infeksi ini. Selain itu, antioksidan ini juga dikenal memiliki sifat anti adhesi yang membuat bakteri tidak akan menempel pada saluran kemih sehingga mencegah bakteri menularkan infeksi. 

Selengkapnya bisa dibaca disini

Nah, itu beberapa manfaat dari buah cranberry. Salah satunya sebagai penangkal bakteri jahat penyebab ISK.

Kini ekstrak buah cranberrry udah mulai digunakan sebagai bahan dasar produk perawatan kecantikan dan kesehatan saluran kemih. Akhirnya tahun 2004 lembaga pengawasan obat dan makanan Prancis (AFSSA) mengizinkan penggunanaan jus buah cranberry sebagai antibakteri untuk kesehatan saluran kencing. Hal ini dibuktikan oleh 4 uji klinis secara acak sempurna yang menyatakan bahwa ekstrak buah cranberry mampu menghambat infeksi bakteri pada saluran kencing.

Produk Prive Uri-Cran

Karna saya termasuk paling males minum jenis-jenis kapsul, saya lebih milih yang serbuk. Padahal lebih repot ya, hehe. Yang kapsul tinggal ditelen,praktis dikonsumsi dan praktis dibawa. Sementara yang serbuk harus dilarutkan dalam air dulu dan diaduk biar tercampur. Tapi yang serbuk lebih berasa asem manisnya dan seger rasanya kalo dicampur air apalagi ditambah batu es πŸ˜‰

Supaya ngga bingung, nih perbandingan antara yang kapsul dengan yang serbuk:

Prive Uri-cran :

  • Komposisi: 250 mg extract cranberry
  • Sediaan: kapsul
  • Dosis: 1-2 kapsul/hari
  • Isi per box: 30 kapsul

    Prive Uri-cran Plus:

    • Komposisi: 275 mg extract cranberry, 60 mg vitamin C, 0,1 mg Lactobacillus Achidopgillus (probiotik),0,1 mg Bifidobacterium Bifidum (probiotik)
    • Sediaan: powder sachet
    • Dosis: 1-2 sachet/hari
    • Isi per box: 15 sachet

      Dibanding obat atau antibiotik yang diberikan dokter, memang harga suplemen ini jauh lebih mahal. Tapi kalau diikutsertakan dengan biaya USG ya sama aja. Bahkan lebih murah dengan mengkonsumsi Prive Uri-Cran. 

      Yang pasti sekarang ngga terlalu khawatir jika suatu saat nanti kena ISK (tapi jauh-jauh, deh). Udah tau kalo ada produk luar biasa ini. Kemana-mana dibawa dan terbukti ampuh mencegah serta mengobati ISK. Apa buktinya?

      Iya, kantor saya lagi ada renovasi dan terpaksa kerja dikantor darurat yang letaknya jauh dari toilet dan itu jadi bikin males pipis dan terpaksa lagi-lagi ditahan. Apalagi kalo kerjaan lagi nanggung. Kalo sebelumnya nahan pipis sebentar aja udah langsung berasa gejala anyang-anyangannya.

      Kemasan praktis dan mudah. Tinggal sobek πŸ˜‰

      Tuang…
      Aduk..
      Jadi deh 😊

      Semenjak rutin konsumsi Prive Uri-Cran, pertahanan tubuh sepertinya lebih kuat dibanding bakterinya. Sesuai anjuran sebelum tidur dan siang hari disela-sela kerjaan saya selalu minum Prive Uri-Cran. Kadang kalo di jam-jam rawan ngantuk, saya campur pake es batu. Dengan rasa yang manis-manis asam, mata langsung ngecas kembali menatap monitor. Mantap, deh. Tapi yang pasti saya tetep ngga brani lagi nahan pipis dalam waktu yang lama. Udah jera sama sakitnya ketika kena ISK. Ngga lagi-lagi deh…

      Prive Uri-Cran sebelum tidur
      Sela2 kerjaan kantor

      Terimakasih Prive Uri-Cran. Solusi sederhana, enak dan ampuh mencegah dan mengobati ISK. Kalian harus coba 😊
       
       

      Iklan

      2 tanggapan untuk “Cara Ampuh Mencegah dan Melawan Infeksi Saluran Kemih dengan Prive Uri-Cran

      1. yang namanya anyang-anyangan emang paling ngga enak, apalagi kalo lagi travelling 😦

        Suka

        1. hooh.. tp beruntungnya pas travelling blm pernah anyang2an. kena nya pa udh pulang…

          Suka

      Tinggalkan Balasan

      Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

      Logo WordPress.com

      You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

      Foto Google+

      You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

      Gambar Twitter

      You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

      Foto Facebook

      You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

      w

      Connecting to %s

      %d blogger menyukai ini:
      search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close