We Have a Very Simple Way To be Happy (part 4). Ketika Bingung Bawa Anak Main, Ke Binjai Aja! 

Bingung bawa anak-anak main disekitaran Medan? Selain itu-itu aja plus mahal ya, kan. Saya rekomendasiin agak melipir aja ke Binjai, deh. Ngga usah mikir jauhnya Medan ke Binjai. Macetnya dan segala kebosanan menuju kesana. Kan ada kereta api, yang jadwalnya ada hampir setiap jam. 30 menit nyampe kok. Don wori lah ya. Kami juga kemarin naik kereta yang jam 15.30. Sampe Binjai jam 16.02 

Baca: Kereta Api

Stasiun Medan

Yang awalnya saya niatin begitu sampe binjai paling bawa ke taman selfie, kafe yang lagi ngehits itu. Tapi tau-tau sampe stasiun pas nawar becak, kok mulut bisa-bisanya spontan nyebut alun-alun ke abang becak. Bang becak juga pake nanya, “alun alun itu dimana ya, kak?”. Pokoknya tanah lapang lah, bang.

Dibawalah kami berkeliling kota rambutan ini yang jalannya harus muter-muter menuju Lapangan Merdeka. Ya muter-muter karna jalanan banyak yang one way, coba kalo ngga, lurus aja selemparan batu udah nyampe. Hikmahnya ya seru aja jadi jalan-jalan sore naik becak. Kesukaan Caca dan Cahyo 😅

Jalan sore naik becak

Karna liburan itu ngga slalu mahal, jadi bawa kidos itu cukup ke taman bermain aja, ngga usah payah-payah. Karna kalo ke gunung, cuma mamaknya yang senang. Kalo ke pantai mamaknya yang ngga mau. Kalo ke mol, dompetnya yang bingung wkwk. Pokoknya yang terbaik tetep main di alam terbuka ya kan…😉

Taman Balita

Awalnya ngga tau kalo sekitaran lapangan ini ada taman bermain untuk anak-anak. Dilalah abang becak berhentinya kok ya tepat di depan taman balita. Macam udah ngerti aja. “enak ya, kak sore gini bawa anak-anak maen”. Iya bang betul. Dan abang becakpun segera berlalu setelah terima ongkos. 

Rame dan menghibur. Itu kesan pertama ketika masuk ke kawasan Taman Balita yang terletak di jalan veteran ini. Beberapa permainan anak yang sederhana dan sudah awam seperti ayunan, jungkat jungkit, perosotan, terowongan dan beberapa mobil-mobilan yang dikendalikan pake remote untuk disewakan. Karna Caca dan Cahyo ngga minat, saya pun ngga ada kepentingan untuk nanya tarifnya, hehe. 

Sebelum main, sambil menetralisir kondisi mabok kendaraan, kami duduk dulu di sebuah bangku taman. Sambil makan Roti O yang dibeli di stasiun Medan tapi makannya di Binjai karna sepanjang perjalanan dikereta kidos ini pada tidur. Alhasil rotinya kempes, haha. Kalo udah nungguin anak main, giliran mamaknya yang bosen dan capek. Harus ngintilin kemana mereka lari. Bukan takut jatuh, tapi takut hilang 😂. 

Selain permainan, ada juga 3 kandang burung yang besar berbentuk tabung . Masing-masing isinya ada burung perkutut, merpati dan satu lagi lupa liatnya. Taman sesederhana itu tapi tersedia lengkap fasilitas umum seperti toilet dan tempat sampah. Ada juga taman bacaan berupa ruang petak terbuka yang disediakan beberapa buku cerita anak di dalamnya. 

Smoga kalian gemar membaca ya, nak 😘😘

Walaupun beberapa permainan sudah banyak yang rusak dan membahayakan, tapi kelihatannya taman ini masi jadi tempat pavorit orang tua untuk jalan-jalan sore bersama anak-anak. Selain itu, adanya tempat bermain ini menjadi berkah tersendiri bagi para pedagang kaki lima. Jadi, ngga hawatir perut lapar karna disetiap sisi ada pedagang makanan dan minuman. Semoga bisa menjadi perhatian Pemko Binjai untuk selalu rutin memperhatikan fasilitas publik.

Kandang burung dan beberapa mobil remote
Tempat sampah 👍


Taman Merdeka

Tepat di depan Taman Balita adalah Lapangan Merdeka. Selesai main, kami menuju Lapangan tersebut karna jaraknya cukup dekat, tinggal nyebrang. Anak-anak langsung lari-larian di rerumputan sampe ke ujung lapangan. Saya ngga sanggup lagi ngukutin, yang penting masih dalam radius terlihat mata. 

Gapura lapangan merdeka. Foto diambil dari taman balita

Di lapangan seluas 1,5Ha ini lebih banyak kegiatan untuk orang dewasa. Ada penyewaan motor cross dan kegiatan olah raga lainnya seperti karate, freestyle ada juga yang jogging. Di sudut lapangan disediakan lahan untuk olah raga bola basket, disebelahnya arena bermain skuter dan sepatu roda disebelahnya lagi adalah lapangan bola voli. Di sisi lain ada arena panjat tebing. 

Tepat di sisi sebelah luar, ada pemandangan air terjun yang cantik sekali untuk berswafoto. Baru tau bahwa ini namanya adalah Taman Merdeka Binjai. 

Lokasi yang strategis dekat dengan mesjid dan perkantoran pusat pemerintahan seperti kantor DPRD dan Kodam. Jadi lapangan merdeka ini bukan hanya difungsikan sebagai tempat melakukan upacara dan kegiatan resmi pemerintahan, tapi juga sebagai tempat wisata alternatif khususnya untuk warga setempat. 

Mesjid di belakang taman balita
Kantor DPRD yang letaknya di sisi kiri taman balita

Selain kegiatan bermain anak dan olah raga tadi, ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan. Sekedar duduk-duduk juga seru apalagi kalau cuaca sore yang cerah. Naik delman, atau odong-odong juga bisa jadi pilihan lain untuk menyenangkan anak-anak. Smakin malam, taman merdeka ini akan semakin ramai karna ada kendaraan berlampu. Jadinya inget alun-alun Jogja. Persiiis sekali. Apalagi kalo ditambahin angkringan di berbagai sudut. 

Baca: angkringan gareng petruk

Mobilan disini disebutnya mobil gowes. Bentuknya mirip sekali dengan mobil dan dijalankan dengan cara di gowes layaknya sepeda. Karna jam 6 sore kami udah cek out, jadi ngga sempet merasakan swasana taman merdeka ini diwaktu malam. Mungkin lain waktu akan kesini lagi sampe malam 

We have a very simple way to be happy….😊

Mak, liburan bawa anak kemana aja?

Iklan

4 thoughts on “We Have a Very Simple Way To be Happy (part 4). Ketika Bingung Bawa Anak Main, Ke Binjai Aja! 

  1. hihihi seru ya moms ada tempat seperti ini disana, bisa belajar dan bermain sekaligus.. suasananya juga kayanya asik, hijau gitu..

    Disukai oleh 1 orang

    1. Iya… Hijau dan adem klo sore2 moms

      Suka

  2. waaahhh kok bersih amat yaaaa. ga seperti bandung yang sampah nya dimana mana hiksss

    Disukai oleh 1 orang

    1. Iya mb. Petugasnya ngga brenti nyapu. Di sumatra utara, Binjai ini trmasuk kota yang tertib…

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close