Penyerahan Mesin Apheresis pada YOAI: Wujud Komitmen Prudential dalam Membantu Anak-anak Penderita Kanker

Asuransi adalah salah satu dari banyak solusi yang digunakan sebagian besar masyarakat. Hal ini dilakukan sebagai jalan keluar atas situasi atau kemungkinan yang terjadi ataupun hal-hal yang mengandung resiko. Pada dasarnya manusia mendambakan kehidupan yang tenang dan memilih berada dalam situasi yang minim resiko.

Cara kerja sebuah asuransi yaitu dengan membuat perjanjian antara penanggung (Pihak Asuransi) dan tertanggung (Nasabah), dimana penanggung wajib membayarkan premi sebagai pengganti pada tertanggung atas sebuah resiko tersebut. Baik resiko berupa kerusakan, kerugian dan kehilangan atas sebuah kejadian yang tak terduga. Jumlah premi yang disetorkan nasabah tergantung pada besar kecilnya resiko yang ditanggung oleh pihak asuransi. Macam-macam produk asuransi secara umum diantaranya: Asuransi Jiwa, Asuransi Kesehatan, Asuransi Pendidikan dan Asuransi Kebakaran.

Fungsi serta manfaat menggunakan jasa asuransi

Seperti kata pepatah ”Sedia Payung Sebelum Hujan”, kita tidak dapat mengetahui secara pasti hal yang bisa saja terjadi bahkan satu detik mendatang. Itu sebab perlu adanya persiapan ataupun antisipasi dalam menghadapi kejadian yang tidak diinginkan. Perusahaan asuransi hadir untuk menjawab kerisauan akan hal tersebut.

Berikut beberapa fungsi dari sebuah asuransi dibagi dalam dua jenis:

Fungsi Primer

  • Pengalihan Resiko. Sebagai sarana pengalihan kemungkinan kerugian dari nasabah pada asuransi
  • Penghimpun dana dari masyarat dalam hal ini adalah para nasabah dalam bentuk premi yang nantinya dana tersebut dibayarkan kepada mereka yang mengalami musibah
  • Premi Seimbang. Pembayaran premi oleh nasabah diseimbangkan dengan resiko yang dialihkan oleh asuransi.

Fungsi Sekunder

  • Ekpor terselubung
  • Perangsang Pertumbuhan Ekonomi

Beberapa manfaat dari sebuah asuransi bagi nasabah adalah sebagai berikut:

  • Rasa aman dan nyaman dalam menjalani hidup. Dengan menggunakan asuransi segala resiko akan dijamin oleh pihak asuransi sehingga nasabah tidak perlu memikirkan akan kerugian yang akan dialami.
  • Sebagai alternatif menabung. Penyetoran premi yang dilakukan setiap bulannya akan sama halnya dengan menabung yang nantinya akan digunakan sebagai ganti rugi akan resiko di masa mendatang
  • Mudah mendapatkan pinjaman bank. Pihak bank akan menganggap calon debitur adalah nasabah dengan kredibilitas yang baik sehingga proses tidak berbelit-belit. Selain itu agunan yang sudah diasuransikan akan memberikan rasa aman bagi pihak bank.
  • Mendapatkan kepastian. Nasabah berusaha mengurangi resiko yang tidak pasti dari suatu keadaan yang merugikan. Dalam hal ini, pihak asuransi akan merubah cara pandang dari kerugian tersebut menjadi lebih pasti.

Prudential Indonesia

Di Indonesia ada puluhan macam perusahaan asuransi. Salah satunya adalah Prudential. Siapa yang tak kenal dengan asuransi ini. Sebuah perusahaan asuransi paling ternama dan paling banyak digunakan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Perusahaan dengan slogan yang tak asing lagi ditelinga kita “Always Listening Always Understanding“. Prudentil hadir untuk memenuhi kebutuhan perlindungan diri anda dan orang-orang yang anda cintai.

Didirikan dengan nama The Prudential Mutual Assurance and Loan Association tahun 1848 merupakan perusahaan jasa keuangan internasional. Di Indonesia sendiri perusahaan ini didirikan tahun 1995 dengan nama PT. Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia).

22 tahun hadir di Indonesia, Prudential mempunyai misi menjadi perusahaan jasa keuangan ritel terbaik di Indonesia. Memenuhi pengharapan para nasabah, tenaga pemasaran, staf dan pemegang saham dengan memberikan pelayanan sempurna, produk berkualitas, tenaga pemasaran profesional yang berkomitmen tinggi serta menghasilkan pendapatan investasi yang menguntungkan.

Sebagai bagian yang tak terpisahkan dari misi, prudential juga memiliki empat pilar, yaitu pondasi yang merupakan dasar berdiri dan berkembangnya perusahaan serta yang membedakannyadengan  perusahaan lain sebagai berikut:

  1. Semangat untuk selalu menjadi yang terbaik
  2. Organisasi yang memberikan kesempatan belajar
  3. Bekerja sebagai satu keluarga
  4. Integritas dan keuntungan yang merata bagi semua pihak yang terkait dengan perusahaan

Seperti perusahaan besar lainnya, dibalik sistem kerja yang berorientasi pada laba, Prudential juga turut serta untuk memberikan sumbangsih positif pada masyarakat yang dituangkan dalam bentuk tanggung jawab sosial (CSR) pada tiga aspek dasar, diantaranya:

Pendidikan

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting bagi pemerintah. Dengan kesempatan ini, Prudential berusaha untuk membantu realisasinya. Karena pendidikan yang baik dan menyeluruh adalah termasuk memberikan akses yang sama pada seluruh anak Indonesia apapun kondisinya untuk mendapatkan pendidikan yang baik.

Prudential juga berkomitmen membantu para orang tua untuk mewujudkan mimpi anak-anaknya melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi untuk meraih cita-cita.

Bentuk realisasi Prudential dalam mendukung peningkatan kualitas pendidikan dasar di Indonesia sebagai pondasi masyarakat agar semakin berdaya dan sejahtera. Salah satu programnya adalah pendidikan literasi keuangan bagi siswa sekolah usia tujuh sampai dua belas tahun.

 

Kesiapan Penanggulangan Bencana
Prudential berusaha untuk menjadi sahabat baik bagi nasabah yang menjadi korban bencana ataupun kecelakaan yang dituangkan dalam bentuk asuransi.

Salah satu program yang sudah dilaksanakan adalah kegiatan mensosialisasikan kebersihan dan gaya hidup sehat bersama Pemprov DKI Jakarta. Melalui kegiatan ini, Prudential Indonesia memberikan dukungan nyata dengan melakukan pembersihan lingkungan sebagai bagian dari kesiapan terhadap bencana. Membantu meringankan potensi banjir dan penyakit yang  dibawa oleh musim penghujan.

 

Kesehatan
Salah satu produk yang selalu ada dari sebuah perusahaan asuransi adalah Asuransi Kesehatan. Asuransi ini diperuntukkan sebagai pengganti biaya rumah sakit, pemeriksaan, dan pengobatan jika tertanggung mengalami penyakit tertentu. Terlebih penyakit yang paling menakutkan dan mematikan sekaligus membutuhkan biaya yang besar yaitu kanker.
Sekilas Tentang Kanker

Penyakit yang diakibatkan oleh pertumbuhan tidak normal dari sel-sel jaringan tubuh yang berubah jadi sel kanker. Sel-sel kanker ini dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Kanker dapat menimpa semua orang. Pada setiap organ tubuh manusia dan seluruh golongan usia termasuklah anak-anak. Sebagian jenis kenker dapat dicegah dengan pola hidup sehat sejak dini.

Terdapat lebih dari 100 jenis kanker di dunia. Salah satu tanda bahwa sel kanker mengalami perkembangan yang pesat yaitu dengan terbentuknya pembuluh darah baru untuk jaringan kanker tersebut yang biasa disebut dengan Angiogenesis. Kanker membutuhkan nutrisi untuk hidup dan nutrisi tersebut dibawa oleh aliran darah. Sel kanker akan memberikan sinyal ke sel-sel normal untuk memberikan aliran darah agar mereka juga dapat tumbuh. Sebuah penelitian mengatakan bahwa jika dilakukan pencegahan pembentukan pembuluh darah untuk jaringan kanker, maka sel-sel kanker tersebut akan mati dengan sendirinya

Salah satu teknologi terbaik dalam dunia kesehatan yang telah ditemukan saat ini adalah sebuah mesin yang diberi nama Apheresis. Mesin ini sangat berguna bagi pasien yang membutuhkan darah setiap saat seperti halnya kanker, khususnya kanker darah.

Sebagai informasi, dalam melakukan donor darah, tidak semua sel yang ada dalam tiap tetes darah tersebut diperlukan oleh penerima. Disinilah fungsi kerja mesin Aphersesis untuk memisahkan sel-sel darah dari pendonor. Darah yang diambil dari pendonor hanya sel – sel yang diperlukan saja, sedangkan sel lainnya akan dikembalikan ke tubuh pendonor.

Meskipun penyebab pasti dari kanker belum diketahui secara pasti, namun perlu untuk kita mengetahui hal-hal tentang kanker. Seperti apa saja yang disukai sel kanker dan upaya-upaya pencegahannya.

Beberapa makanan yang sangat disukai kanker seperti:

  1. Makanan yang terlalu manis (banyak mengandung gula) apalagi pemanis buatan
  2. Susu hewani yang dapat menghasilkan zat yang bernama oleh sangat disenangi oleh kanker. Sebaiknya ganti dengan susu nabati seperti susu kedela
  3. Garam meja. Gunakan garam laut yang berjodium
  4. Kopi, coklat dan teh yang mengandung kadar kafein tinggi
  5. Daging Merah karena mengandung kadar asam yang tinggi

Berikut beberapa tips agar terhindar dari kanker:

  1. Hindari kondisi mental yang bersifat negatif karena dapat meningkatkan kadar asam dalam tubuh seperti stres, bersedih, sikap pesimis dan depresi.
  2. Makan makanan sehat yang mengandung asupan gizi, berserat tinggi, bebas bahan kimia dan sedikit mengandung lemak hewani. Perbanyak makan sayur hijau dan buah yang higienis
  3. Hindari makanan yang diolah dengan cara dibakar dan diasapi. Makanan ini mengandung banyak zat radikal bebas pemicu kanker.
  4. Menjaga berat badan yang ideal untuk menghindari penumpukan lemak dan menjalani diet yang sehat
  5. Pola hidup yang baik dengan tidak merokok, minum minuman keras yang mengandung alkohol, dan mengkonsumsi narkoba.
  6. Olah raga yang teratur supaya tubuh tetap kaya akan oksiogen
  7. Jaga kebersihan dan ciptakan kondisi lingkungan yang sehat dengan mngurangi pemicu terjadinya polusi udara seperti asap dan debu. Asap dan debu merupakan bagian dari penyebab TB Paru

 

Donasi Mesin Apheresis Oleh Prudential Indonesia

Sejak 2003, Prudential berkomitmen untuk membantu anak-anak penderita kanker untuk bisa mendapatkan bantuan pengobatan dan ruangan yang memadai di rumah sakit. Prudential juga mendukung kelangsungan pengobatan anak penderita kanker dengan penyediaan sebuah mesin Apheresis ini.

Bermitra dengan Yayasan Onkologi Anak Indonesia (YOAI) sudah lebih dari 13 tahun, tanggal 13 Oktober 2017 lalu, Prudential secara resmi menyerahkan sebuah mesin Apheresis yang akan digunakan pada rumah sakit yang bekerja sama. Salah satunya adalah Rumah Sakit Universitas Hasanuddin, Makasar. Sementara ada enam Rumah Sakit lainnya yang juga sudah menerima mesin Apheresis yaitu:

  1. Rumah Sakit Kanker Dharmais Jakarta tahun 2012
  2. Rumah Sakit Umum Pusat Sanglah Denpasar tahun 2013
  3. Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta tahun 2016
  4. Rumah Sakit dr. Sardjito Jogjakarta tahun 2016
  5. Rumah Sakit Hadan Sadikin Bandung tahun 2017
  6. Sakit dr. Soetomo Surabaya tahun 2017

 

Prudential - Mesin Apheresis 2.jpg

Sehingga total sudah ada tujuh rumah sakit yang menerima bantuan berupa mesin Apheresis oleh Prudential. Kebijakan ini sangat patut diapresiasi mengingat kanker merupakan penyakit penyumbang kematian terbesar. Terlebih untuk anak-anak yang masih mempunyai masa depan yang panjang.

Tujuan dari donasi ini, seperti kata Direktur Prudential Indonesia Mr. Jens Reisch dalam sambutannya pada acara penyerahan mesin tersebut bahwasanya Prudential berkomitmen tinggi untuk memberikan kontribusi sosial kepada masyarakat dimana mereka beroprasi. Prudential senantiasa berusaha membantu masyarakat yang kurang mampu agar bisa memiliki kehidupan lebih baik sehingga kesempatan meraih masa depan yang cerah terbuka lebar.

 

prudential - mesin apheresis 4-2101727534..jpg

Dengan donasi mesin Apheresis oleh Prudential, setidaknya sudah lebih dari 1.100 anak penderita kanker terbantu mendapatkan perawatan.

Anak-anak juga memiliki hak untuk mendapatkan perawatan kesehatan yang baik. Harapannya anak-anak penderita kanker bisa menjalani terapi menggunakan teknologi mutakhir yang aman tanpa harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Dengan demikian, pasien kanker anak tidak perlu lagi berobat ke luar negeri untuk mendapatkan perawatan dari mesin ini.

Melalui donasi mesin Apheresis, Prudential turut mendukung program Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak untuk menggunakan kemajuan teknologi dibidang kedokteran.

 

prudential - mesin apheresis 3-612914170..jpg

 

Dengan ketiga aspek tanggung jawab sosial tersebut di atas, diharapkan Prudential terus menjadikan program ini berkelanjutan dan konsisten sehingga banyak masyarakat khususnya anak-anak yang terbantu menjadi sehat kembali dan bisa mencapai cita-cita setinggi-tingginya.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close