Serba Serbi

Bikin eKTP sudah di Kecamatan, loh. Berikut Syarat-syaratnya

Alhamdulillaah ya, kabar yang paling baik dari kota Medan selain kabar “kota seribu lobang” (ini baik?) adalah telah tersedianya blangko eKTP. Yeeeey…. Oleh sebab itu sebelum dinyatakan “sold out” kembali, harus segera saya urus. 

Ruang tunggu

Fyi, selama 1 tahun ini saya masih pegang KTP lama maksudnya belum eKTP (masi yang laminating) dan juga masih status yang lama 😛 dan setelah pengurusan KK yang baru, plus setelah rekam data dan foto, sejak itu saya hanya pegang surat keterangan sementara pengganti eKTP (kalo di Medan lebih familiar dengan sebutan RESI) selama 6 bulan dan waktu itu pengurusannya di Dukcapil, ya itu tadi karna ngga ada blangko. Pernah sempet ada tapi didahulukan untuk yang usia 19 tahun atau pemula. Yang berpengalaman harus ngalah 😆

Kabar baiknya lagi, sejak Oktober 2017 dinyatakan pengurusan eKTP ngga lagi harus ke Dukcapil. Berarti pengurusannya udah bisa di Kecamatan. Ngga harus antri lagi sambil desak-desakan dong. 

Kabar baiknya (lagi) kecamatan tetap melayani di hari sabtu dan minggu walaupun cuma sampe jam 12. Ini belum tau apakah untuk seterusnya atau sementara. Waaah….emezing

Ntah kenapa, kabar baik ini udah berlangsung sebulan lalu tapi saya baru kepikiran ngurus kok ya baru-baru ini aja, dan sifat menunda-nunda ini tak patut ditiru 😌

Image birokrasi yang bertele-tele, lama, njelimet, ruwet, pegawai judes-judes dsb yang slama ini ada pada citra badan pemerintahan berangsur-angur hilang dan menjelma menjadi pelayanan yang baik. Kecuali beberapa yang judes masih tetep ada hehe. 

Sekelas kecamatan aja punya antrian, masa Dukcapil ngga 😢

Ambil antrian disini

Jadi ada 3 jenis antrian. A, B dan C. Yang A untuk segala macam urusan leges dan sengketa, yang B untuk pengurusan KTP, KK, Akte lahir dll, sementara yang C untuk foto / rekam data (pemula)

Saya jadi inget kasus mamak beberapa waktu lalu. KTP hilang udah lama sekali, nah kemaren mau saya daftarin BPJS Kesehatan, beliau ngga punya KTP.  Begini, nih giliran perlu bingung, kan? Jadi harus minta surat keterangan polisi dulu (untung selesai hari itu juga) trus dikasi ke pangulu beserta fotokopi KK untuk dapetin surat keterangan sementara pengganti eKTP. Nunggu lagi deh sekitar seminggu. Dan lagi, selama mamak ngga punya KTP jadi ngga ngga bisa naik kereta api, deh. 
Betapa pentingnya sebuah kartu identitas diri untuk setiap warga negara. Contoh keciiiiil aja mana tau lagi naas, kecelakaan misalnya (amit-amit yaa) dan meninggal, kan warga bisa tau identitas korban dari sebuah kartu ini. Lah ngga usah pake acara kecelakaan, deh. Meninggal secara wajar aja masi perlu KTP bukan? Makanya kemanapun jangan lupa untuk bawa identitas diri. Atau kalo hilang atau rusak, jangan ditunda-tunda untuk pengajuan kembali.  

Mana tau ada yang belum punya eKTP atau KTPnya belum yg elektronik, monggo segera diurus yaaah.

Adapun syarat pembuatan eKTP sbb:

1. Fotokopi KK (Kartu Keluarga) sebanyak 2 lembar. Ngomong-ngomong ini kenapa disebut kartu ya? Padahal bentuknya kayak surat.

2. Rekam data / foto  

In case, Kalau sudah rekam data tapi waktu itu belum ada blanko atau masi pegang surat keterangan sementara pengganti KTP  maka cukup lampirkan: 

1. KTP Asli

2. Fotokopi KK (kartu keluarga) sebanyak 2 lembar. 

Udah itu aja

Nanti fotokopi KKnya satu rangkap yang udah distempel dikasi ke kita sebagai bukti pengambilan eKTP yang prosesnya ditunggu selama 1 bulan.

Oya, kalo KTP asli atau surat keterangan sementara pengganti eKTP hilang, maka wajib dilampirkan surat keterangan dari kepolisian. 

Dan, surat keterangan eKTP sementara itu kan berlakunya cuma selama 6 bulan. Untuk memperpanjang bisa dilakukan di kecamatan dan selesai hari itu juga. Lampirkan yang aslinya ya. Palingan selesai dalam setengah jam 👍

Kebijakan ini patut diapresiasi. Mempermudah masyarakat dalam pengurusan berkas. Semoga kedepannya birokrasi dan pelayanan pemerintah lebih baik lagi. 

Demikian sedikit informasi, semoga bermanfaat 😊

KTPnya udah elektronik belum? Saya belum 😌

Iklan

21 tanggapan untuk “Bikin eKTP sudah di Kecamatan, loh. Berikut Syarat-syaratnya

    1. Klo udah eKTP berlaku seumur hidup mas walaupun ada tertera masa berlakunya. Ngga masalah katanya. Tp klo masi surat pengganti ektp smentara berlakunya mmg hrs perpanjang per 6 bulan. Begitu… 😊

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.