Kolak Ungu Antimainstream 

Kemaren dirumah ada pisang dan ubi jalar (rambat) ungu. Mau dibikin gorengan, pisangnya belum terlalu mateng. Jadinya kepikiran bikin kolak. Berhubung Medan saat itu dilanda cuaca panas, bayanginnya ini kolak bakalan dimakan pake es batu. 

Jadilah malam itu utek-utek di dapur. Catet ya, malem 😀. Bahannya ya sama seperti kolak pada umumnya. Bedanya, ini ngga pake gula merah. Karna memang mau ambil warna ungunya. Ini pula yang paling penting. Kan biar unyu-unyu 😌. Kalo kolak warna coklat udah biasa ya kan. 

Bahan-bahan:

1. Pisang dan ubi (karna cuma ini yang ada) 😅

2. Gula pasir 

3. Santan

4. Garam  

Kalo mau lebih lengkap lagi bisa tambah kolang-kaling dan pepaya plus supaya aromanya lebih berasa, harusnya dikasi cengkeh dan daun pandan. Tapi karna saat itu lagi males ke warung, jadi pake rempah-rempah yang sangat seadanya itu.  

Cara memasak: Potong pisang dan ubi sesuai selera. Kemudian rebus santan dan masukkan gula garam (sesuai selera). Masukkan pisang dan ubi tunggu sampe mendidih. Saat yang sama warna ungu dari ubinya pun mulai keluar. Sungguh memesona, haha 

Jadi lah, kolak pisang ubi ungu. Disajikan dengan beberapa potong es batu, eh seger dimakan malam itu juga sambil nonton drama korea. Iseng-iseng bikin nama kebarat-kebaratannya kira-kira menjadi…. Cara mbacanya kek chef Farah Queen itu yaa –  this is it  “Banana and purple sweet potato with coconut milk sauce and ice“. Eaaaaa…. Ngawur!   😛

Keknya kalo tambah durian enak juga itu… 

Oya tambah pulut itemnya lagi….

Hahahhaa

I Love purple
Iklan

18 thoughts on “Kolak Ungu Antimainstream 

  1. Kolak pake ubi ungu? Kayaknya ini pertama kali saya liat. Klo rasanya enak bolehlah nitip di warung-warung terdekat. 😀

    Disukai oleh 1 orang

    1. Hahaa. Rasanya ya sama aja kyk kolak2 biasa mas

      Suka

  2. Entah kenapa saya juga lebih suka ubi unggu kayaknya secara warna juga lebih menarik ya

    Disukai oleh 1 orang

    1. haha iya mb. tp ubi ungu agak ada pait2nya dikit sih ya

      Suka

  3. Sore-sore gini baca postingan kolak jadi ngences dan jadi rindu Medan.

    Disukai oleh 1 orang

    1. Ke Medan mb…selain kolak akan ada byk kejutan hehee
      Jala rusak dan begal. Eh ttp ngangenin yah 😆

      Suka

  4. Ubi ungu di kampung saya saja sudah jarang. Enak banget itu manisnya lain…

    Disukai oleh 1 orang

    1. Agak ada pait2nya jg dikit mbk…

      Suka

  5. Kok unyu ya? Hihihi enak nih kayaknya

    Disukai oleh 1 orang

    1. klo rasa sama aja mb. cum di awal2 agak sayang mau dimakan. yaitu krn unyu hihi

      Suka

  6. Kakakku sering bikin kolak ini enak rasanya warnanya cantik lagi. Ubi unggu juga sering kakakku bikin puding

    Disukai oleh 1 orang

    1. Waah dibikin puding lbh unyu lg ya mb, ngga kepikiran. Makasi mb infonya segera tak coba 😆

      Suka

  7. Makasih resepnya mbak… Cuss saya coba yaa..

    Disukai oleh 1 orang

    1. Sama2 mb. Cuma resep sangat2 seadanya hehee

      Suka

  8. Saya baru tau kalau warna ungu dari ubi ungu bisa “luntur” gtu lho mbak 😀
    Terima kasih resepnya 😀

    Disukai oleh 1 orang

    1. Hehee iya mb. Kayak bayem merah ya bs luntur. Tp klo bayem geli2 liat merahnya 😄

      Suka

  9. Warnanya jadi cakep kolaknya, Boleh nih buat ide kasih kudapan yang ‘beda’

    Disukai oleh 1 orang

    1. Iya mb, gara2 warnanya sayang mw dimakan 😀

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close