4 Tempat Wisata di Sidamanik yang Bisa Dikunjungi Dalam Sehari 

Belakangan memang aktifitas wisata sudah mulai menjadi kebutuhan primer bagi banyak orang. Karena memang saat ini berwisata sudah mulai dimaknai secara luas. Tidak lagi identik dengan biaya mahal, hotel mewah dan makan enak. Sebab dengan biaya rendah pun, saat ini sudah bisa berwisata. 

Tempat wisata bertema alam saat ini sedang ngetren dimasyarakat. Khususnya kalangan anak muda. Menjamurnya lokasi wisata baru semakin memudahkan masyarakat untuk berwisata dengan biaya murah. 

Seperti halnya wisata alam yang ada di Sidamanik, Sumatera Utara tepatnya di Kabupaten Simalungun. 

Sidamanik mulai dikenal dikalangan penyuka jalan jalan. Era digital saat ini membuat informasi dari segala penjuru bisa dengan mudah didapat hanya dengan sentuhan jari. Begitu juga halnya dengan Sidamanik yang semakin terkenal berkat dahsyatnya era internet saat ini. 

Gapura Sederhana (google.com)

Sidamanik

Perjalanan dari Siantar menuju Sidamanik itu harus ditempuh dengan penuh perjuangan. Bukan seperti Ninja Hatori ya, mendaki gunung lewatin lembah. Tapi perjuangan yang ini justru melewati banyak “kolam” atau lebih tepatnya “sungai” karena selain genangan air, juga banyak bebatuan timbul yang tersebar di tengah jalan. Ya, akses utama menuju Sidamanik memang rusak parah. Namun begitu, volume pendatang kian hari kian meningkat. Sudah sewajarnya mendapat perhatian khusus pemda setempat.

Kondisi jalan Sidamanik saat kunjungan Bupati Simalungun JR. Saragih Agustus 2017. Semoga diberi perhatian khusus. (google.com)

Kecamatan Sidamanik, beribukota desa Sarimatondang. Dari Medan menuju Siantar sekitar 3 jam. Nah, Siantar ini ibarat pintu gerbangnya Simalungun menuju berbagai daerah termasuk Sidamanik. 

Sidamanik merupakan daerah dataran tinggi yang sebagian besar tanahnya adalah perkebunan teh. Dulu, konon produksi teh dari pabrik Sidamanik ini kualitas ekspor dan terbaik no.2 di dunia. Again, DUNIA! (Lengkapnya silahkan googling) 😊

Peta Kabupaten Simalungun (google.com)

Destinasi Wisata Sidamanik
Ada banyak destinasi wisata yang terdapat di Sidamanik. Disini saya bahas empat daerah wisata andalan Sidamanik yang bisa dikunjungi dalam sehari. 

1. Pemandian Alam Bahdam

Kenapa ini harus poin pertama? Selain lokasi pertama yang ketemu setelah memasuki kawasan Sarimatondang, kesini juga disarankan pagi. Supaya masi sepi dan bisa merasakan kolam alami ini bak kolam pribadi. Dari Siantar usahakan berangkat paling lama jam 7. Perkiraan tiba jam 8. Paslah untuk mandi pagi. Kan dingin? Ya, mau datang jam 12 siangpun ngga akan merubah airnya jadi panas, 😄. Sarapannya indomi + teh manis panas yang bisa dipesan di warung sekitar. Mau bawa bekal juga boleh. Ngga ada larangan bawa makanan dari luar kok. Lalu, berenanglah sepuasnya 

Sewa pondok: 25rb (sepuasnya)

HTM: dewasa 5rb / anak2 2rb 

Parkir: Mobil 10 s/d 20rb. Motor 5rb

Maklum, kawasan ini masi dikelola secara perorangan, jadi tarif sering berubah tergantung banyak tidaknya pengunjung😊

Pemandian alam bahdam

2. Perkebunan Teh Nah, ini pasti yang paling ditunggu. Ngga sabar mau selfi selfi kan? Yup, jam 10 cocoklah treking di areal perkebunan teh ini. Sepanjang Desa Sarimatondang sampai perkebunan Tobasari kita akan dimanjakan oleh pemandangan kebun teh ini. Tinggal pilih spot yang dirasa cantik, cari parkir yang pas dan silahkan ber swafoto. Disini, ngga pake HTM. Bebas mau foto dimanpun suka. Tapi, andalannya adalah perkebunan Bah Butong yang memang masih sangat terawat. Disekitarnya juga banyak pedagang makanan, jadi jangan khawatir lapar. Oleh oleh berupa bubuk teh khas Sidamanik juga ada. 

Perkebunan teh

3. Air Terjun Bah BiakSekitar 3Km dari areal perkebunan teh Sidamanik, ada air terjun lainnya. Masi berjalan dari tengah perkebunan juga, jadi selama perjalanan kita masih dimanjakan dengan pemandangan permadani alam ini. Air tejun ini letaknya agak ke bawah. Jadi harus treking lagi menuruni anak tangga yang masih dari material tanah liat. Hati-hati licin ya. Tapi, setibanya di bawah, percikan air sejuk khas pegunungan akan menghilangkan lelahmu. Rasakan sensasinya diguyur air dingin dengan debit lumayan. Bisa juga untuk terapi pijat. 

HTM kesini juga masih sering berubah karna pengelolaan yang masih sederhana.

Habis mandi biasanya lapar, kan? Sebelum melanjutkan perjalanan ke dataran yang lebih tinggi ada baiknya jiwa dan raga di charge dulu. Pas jam makan siang, pas juga waktunya sembahyang zuhur. Di Desa Sarimatondang, tepatnya sebelah Mesjid Raya ada sebuah tempat khusus pedagang makanan. Sidamanik Square namanya. Nah, setelah zuhur bisa makan siang dulu disini kalau kalian ngga bawa bekal tentunya. 

Air terjun Bah Biak (google.com)

4. Bukit Indah Simarjarunjung (BIS)Jam 2,  perjalanan bisa dilanjutkan ke arah dataran yang lebih tinggi. Melewati perkebunan teh tempat berswafoto tadi. Lama perjalanan sekitar 45 menit. Jam 3 adalah waktu yang tepat mengunjungi bukit ini. Matahari sudah tak terlalu menyengat, malah akan menyisakan kehangatan sebelum masuk ke persembunyiannya. 

BIS, dikenal satu tahun belakangan. Rumah Pohon, Ayunan, Camping Ground , hammock, flying fox dan berbagai macam latar berfoto tersedia lengkap disini. Makanya semakin senja, akan semakin cantik pemandangannya dan hasil fotonya. Bayangkan saja, view nya buka main-main. Maha Danau Toba. Tak heran, semakin hari BIS semakin berbenah ke arah yang lebih baik agar bisa smakin bersaing dengan destinasi serupa. Asalkan diselaraskan dengan pelayanannya, ya….😊

Bukit Indah Simarjarunjung (BIS) sumber google.com
Bukit Indah simarjarunjung

Itulah destinasi wisata yang bisa kalian kunjungi dalam sehari. Dijamin bikin kalian rindu dan ingin kembali lagi…

                            ****

Tips Berkunjung ke Sidamanik
1. Kendaraan Prima. Ini hal yang penting diperhatikan karna hampir tidak ada jalan mulus menuju destinasi wisata. Ketersediaan bahan bakar juga harus diperhatikan. Walaupun sudah banyak pedagang pertamini di sepanjang jalan.

2. Baju hangat dan baju ganti. Selain banyak main air, Sidamanik juga beriklim sejuk. Ada baiknya persiapkan pakaian tebal. Bisa juga ditambahkan kaus kaki dan penutup kepala. 

3. Kamera. Perjalanan akan lebih lengkap bila diabadikan dalam bentuk foto. Jangan lupa bawa perlengkapan yang satu ini. Persiapkan batrai kamera bila perlu sediakan power bank

4. Bekal. Memang sudah banyak pedagang makanan disetiap lokasi wisata. Tapi tidak ada salahnya kalau bawa bekal. Selain lebih hemat tentunya. Daerah beriklim sejuk sering berpotensi menimbulkan rasa lapar. 

5. Berkunjung di hari kerja. Kalau liburan mau maksimal usahakan datang jangan dihari libur. Sisihkan waktu sehari agar bisa menikmati lokasi dengan bebas tanpa harus berdesakan dan antri. 

6. Disiplin. Ingat ya… Kunjungan ini cuma sehari. Usahakan disiplin dan menggunakan waktu seefektif mungkin. Kecuali kalau kalian punya banyak waktu dan tidak harus kerja besok harinya. 

Selamat berlibur 😊

Iklan

11 tanggapan untuk “4 Tempat Wisata di Sidamanik yang Bisa Dikunjungi Dalam Sehari 

  1. Kapan yaaa aku ke sidamanik hmmmm

    Disukai oleh 1 orang

      1. tiketnya doong hahaha

        Disukai oleh 1 orang

      2. Wahaahaha.. Travelok* banyak mb 😛

        Suka

  2. sangat rekomended kayaknya untuk menambah referensi wisata baru disini..

    Disukai oleh 1 orang

    1. Segera jadwalkan ke Medan mas.. 😊

      Suka

  3. Wow, cantik nian Sidamanik ini ya 🙂

    Disukai oleh 1 orang

  4. air terjunnya keren sekali

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close