Bahan Makanan Wajib ada di kulkas (saya)

Sebagai mantan pasien usus buntu dan sekarang seorang penderita suatu penyakit :(, saya sangat dianjurkan untuk tidak makan makanan yang banyak mecinnya. Selain saya ngga begitu suka ritual di dapur, saya juga ngga pinter masak. Makanya waktu itu kalau ke kantor ngga pernah bawa bekal. Makan siang selalu beli di warung, kalau bosen ngga jarang makan bakso2an atau sejenisnya. 

Bagaimana kita tau ya itu makanan ada mecin apa nggak? Sebagian orang ada yang bisa ngerasain itu makanan dikasi mecin apa nggak. Tapi kalau saya ngga bisa ngerasain. Katanya sih kalau abis makan sesuatu trus bawaanya haus melulu, nah itu dipastikan yang barusan dimakan mengandung banyak mecin. Solusinya gimana biar aman? ya harus masak sendiri. 

Walaupun jaman sekarang bahkan tanaman mentah pun dikasi banyak obat2an dan semprot2 bahan kimia, jadi kayak pupuk kandang yang alami2 sudah jarang dipakai. Diberita banyak bahan makanan berformalin bahkan tempe pun hasil fermentasi kan ya? Cmiiw. Jadi yang sehat apa? Jadi gimana dong? Gimana dong? 

Atur pola hidup aja kata dokter. Siapalah yang bisa kontrol kesehatan kita kalau bukan kita sendiri. Bahkan sebagian dokter sering berpesan pada pasien bahwa kesembuhan datangnya dari diri kita sendiri. Kalau kita semangat dan yakin untuk sembuh, Insyaallah disembuhkan. Obat2an dan medis hanyalah medianya saja. 
Sebagai seorang single parent beranak dua yang masih kecil2, mau ngga mau saya harus berfikir ke depan. Kalau bukan saya yang menjaga diri siapa lagi? Bagaimana nasib anak2 saya kelak kalau saya sakit2an dan dikasi pendek umur? 
Selain mengatur pola hidup, pola makan juga jadi perhatian saya saat ini. Walaupun butuh kerja keras mengendalikan keinginan. Pingin makan ini, makan itu. Maka saat ini keinginan itu sudah bisa mulai dikurangin sedikit-sedikit. Misalnya ngga lagi nyetok indomi, ngga lagi sering makan bakso dan saudara2nya. Kalau rujak? Mmmm…mmm… itu kan, sehat! :p 

Maka, demi kelangsungan hidup saya dan anak2 di masa depan agar selalu sehat, saya putuskan akan masak makanan sendiri. Semangat! Supaya ritual masak memasak tiap pagi ngga perlu ada drama queen, saya siasati dengan masak yang simpel2 saja. Seperti tumis dan sambel karna cuman itu yang bisa haha. Ritual belanja juga ngga setiap hari. Kalau belanja saya langsung setok untuk seminggu dan saya pilih bahan yang tahan lama seperti: 

1. Tempe                                                  Ini bahan makanan multifungsi menurut saya. Bisa untuk campuran tumis, bisa untuk disambel. Disantan juga enak, bikin makanan ringan juga boleh. Apalagi dibacem, beeeeghh! Selain ngga pakai ribet harus dikupas2 dulu, tempe ini tinggal diiris sesuai selera, goreng deh

Google.com

2. Tahu                                            Tempe dan tahu seperti tak bisa dipisahkan. Bisa olahannya dicampur, bisa juga dipisah. Sama kayak tempe, tahu juga ngga kalah pinter bergaulnya dengan bahan makanan lain. Kemana aja cocok. Kemana aja ayoook. Cuma, tahu ini lebih pendek umurnya 

3. Telur                                                Telur ayam dan telur puyuh wajib ada di kulkas. Sejatuh miskinnya saya paling tidak masih ada lauk yang jadi temen nasi haha. Atau tengah malem kelaparan atau makan sahur males masak ribet2, telur2 ini sangat bisa jadi juru selamat

4. Tauge (bener gini nulisnya?)    Ntah sejak kapan awalnya saya jadi suka makan toge. Kalau ngga salah pertama kali liat mertua saya numis toge campur tahu. Endees surendes kurasa. Sudahlah gampang masaknya, murah dan enak pula. 

Goggle.com

5. Kentang                                       Paling males pas ngupas kulitnya. Bikin item ujung jari. Tapi yang satu ini juga ngga kalah berguna. Saya suka bikin campuran kentang, tempe dan tahu disambel. Ngga usah pake sayur juga gapapa kalau ada sambel campur aduk ini. Selain disambel, kentang juga bisa disop atau dibening 
6. Wortel                                    Dicampur kentang bisa dibikin sop. Bisa juga ditumis campur toge tadi. Atau dicampur buncis. Dibikin bakwan juga mantap. 

7. Ikan teri                                          Wah ini memang pavorit saya. Teri campur tempe disambel maknyus. Dicampur tumisan juga oke. Eh tergantung jenis terinya juga deng. Pokoknya yang ada terinya selera makan saya jadi meningkat

8. Ikan Gembung (kembung) kering Salah satu jenis ikan yang saya suka. Biasa saya masaknya ditauco atau disambel.

Tuh kaan tumis lagi sambel lagi haha. Jadi itu bahan makanan yang selalu saya beli kalau belanja dan wajib disetok. Ya kadang bervariasi lah masaknya. Ntah lewat mana ketemu sayuran seger ya saya beli. Atau pingin makan ini itu ya dibeli dan dimasak. Masa tiap hari makan tahu tempe kentang terus 😀 

Selain tahan lama, bahan2 tersebut juga gampang diolah. Ngga harus bangun jam 4 pagi untuk mempersiapkan bekal. Kalau lagi mens kan suka males2an tuh bangun pagi. Kadang malemnya saya sudah iris bumbu dan bahan. Paginya tinggal diolah. Ngga nyampe 15 menit udah selesai. Biasa…. tumis lagi sambel lagi :p 

Iya bener, walaupun usia sudah ada jatahnya, tapi sudah jadi kewajiban kita untuk menjaganya kan? Bentuk rasa syukur pada Allah. Iiih, sakit itu ngga enak banget. Suerrrr… Waktu kesehatan saya dinyatakan membaik dan dosis obat berkurang saya bersyukur sekali. Makanya saat ini saya sangat berusaha kontrol diri untuk ngga makan sembarangan lagi dan bener2 atur pola hiduplah. 

Hidup tumis hidup sambel haha Ayo temen2 nyetok apa aja dikulkas? 

Iklan

10 thoughts on “Bahan Makanan Wajib ada di kulkas (saya)

  1. akhir-akhir ini suka nyetok tempe sama tahu juga buat campuran di bekal makan siang

    Suka

  2. kalau di kulkas saya yang paling sering ada itu, telur. yang lainnya kadang2 aja

    Suka

    1. Iya bang, Kan dikulkas udah ada tempat khusus telur jd kyknya memang wajib ada ya 😀

      Suka

  3. Banyak sih sesuai dengan kedoyanan anak-anak. U sarapan wajib nyetok sosis dan nugget. U makan siang nyetok tahu, tempe, kangkung, dan kadang2 ayam yg sudah diungkep.

    Suka

    1. Wah iya klo ada anak2 harus nyetok macem2 y mbk

      Suka

  4. Yg sama cuman telur. Sayanya sendiri nggak ikut campur urusan dapur. Masih ngikut orang tua soalnya. Jadi tinggal makan aja ha ha ha…..

    Suka

    1. Ayoo mana tau nanti jadi anak kos 😀

      Suka

  5. Buatku, telur, tahu, dan tempe itu wajib ada di kulkas. Telur serba guna karena bisa dimata sapi, didadar, jadi bahan pancake, jadi bahan puding roti, dll. Kalau tahu dan tempe biasanya langsung aku bacem (direbus sama air dengan bumbu halus bawang merah, bawang putih, gula jawa, kemiri, lengkuas) habis itu disimpan di kulkas. Kalau mau makan tinggal nggoreng aja Kak.

    Suka

    1. Wiih.. lengkap sama bumbunya. Asiik Bisa dicontek bacem nya hehehe

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close